Anak Sehat Bunda Bahagia, 6 Tips Ini Wajib Bunda Ketahui Supaya Anak Tak Gampang Sakit, Yuk Bunda Jalani Tips-nya!

Hi, Mak Blogger!


Setiap orangtua pasti ingin tumbuh kembang anaknya semakin hari semakin baik. Namun, tak jarang saat anak-anak terkena sakit ringan seperti batuk atau pun flu yang membuat Bunda khawatir. Terkadang hal ini terjadi mungkin saja karena makanan yang diberi sembarang atau tidur kurang cukup atau si anak tak menjaga kebersihan pada dirinya. Sehingga banyak bakteri-bakteri yang bersemayam di tubuh si anak. Wah ini perlu di waspadai loh, Bunda.

Oleh karena itu, ada 6 tips yang wajib Bunda ketahui agar anak tak cepat sakit dan lebih banyak sehatnya. Terkadang ada hal-hal yang sering orangtua terlewat karena mungkin saja orangtua sibuk bekerja atau ada hal lain yang dikerjakan. Untuk itu, 6 tips ini pengingat untuk Bunda agar anak sehat, Bundanya pun bahagia. Simak ulasannya berikut ini :

1. Menjaga pola makan sehat



Menjaga pola makan sehat itu sangat perlu untuk anak-anak. Apalagi untuk anak yang masih balita karena balita masih sering enggak sadar untuk memasukkan tangan ke dalam mulut tanpa cuci tangan dulu. Nah dengan pola makan sehat, tentu hal ini bisa di minimalisir karena daya tahan anak lebih kuat dari makanan-makanan yang bergizi yang dibuat oleh Bundanya. Bunda semangat ya bikin makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak dirumah!

2. Waktu tidur cukup



Anak biasanya susah tidur saat sudah aktif bermain, apalagi jika bermain dengan teman-temannya. Seperti tidur siang, banyak anak-anak yang lebih memilih bermain dibandingkan tidur. Padahal tidur cukup perlu untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Terutama untuk anak-anak yang masih aktif bermain sambil belajar. Bunda, harus bisa mengatur waktu tidur ini agar anak tak menyepelekannya. Selain itu, anak dapat lebih bersemangat setiap harinya jika tidurnya cukup.

Bunda wajib tau juga : 5 Tips Supaya Anak Tak Seperti Cerita Malin Kundang, Bunda Harus Tau Supaya Tak Salah Ketika Mendidik Anak

3. Aktif bergerak



Anak yang tak aktif bergerak tentu harus di waspadai karena ditakutkan ada masalah pada dirinya. Jadi, usahakan sebisa mungkin saat anak sudah besar diajarkan untuk olahraga setiap hari minimal 10-15 menit agar anak tetap bugar. Untuk anak balita usahakan saat bermain dan belajar aktif bergerak untuk mengenal berbagai macam hal disekitarnya. Namun, yang terpenting tidak kebablasan dalam mengatur waktu dalam bermain dan belajar anak. Semangat Bunda, Bunda bisa!

4. Rutin Imunisasi



Rutin imunisasi ini juga salah satu usaha Bunda agar anak tak mudah terkena penyakit berbahaya. Entah kenapa penyakit jaman sekarang ini begitu mengkhawatirkan dan bikin hati Bunda tak tenang. Maka, solusinya Bunda bisa rutin lakukan imunisasi ke puskesmas atau ke rumah sakit agar anak tetap sehat. Rutin untuk check up kondisi anak juga perlu, jika dirasa Bunda ada memiliki kekhawatiran pada tubuh anak. Lakukan saja sesuai dengan kebutuhan karena yang tau kondisi anak adalah Bunda sendiri ya.

5. Menjaga kebersihan diri



Ini sangat penting karena banyak anak-anak yang masih belum paham mengenai kebersihan diri. Mungkin saat anak masih balita memang belum paham, tentu peran aktif orangtua disini saat disarankan agar anak yang masih balita tetap terjaga kesehatannya. Untuk anak yang telah besar dan remaja, edukasi kesehatan dini itu penting. Jadi, Bunda jangan bosan-bosan mengingatkan anak untuk selalu jaga kebersihan diri. Bukan berarti mereka enggak boleh bermain di tempat kotor ya, boleh saja tetapi setelah itu wajib membersihkan badan ketika hendak makan atau melakukan aktivitas lainnya.

Bunda wajib tau juga : Ingin Anak Pintar Mengaji? Ikuti Tips Ini Supaya Bunda Tak Pusing Memaksa Anak Mengaji Al-Qur'an Saat di Rumah

6. Orangtua memberikan panutan



Anak itu mudah sekali meniru, entah kebiasaan orangtuanya atau pun hal lainnya yang saat itu anak sedang melihat orangtuanya. Untuk itu orangtua harus bisa menunjukkan panutan yang baik kepada anak-anaknya. Misal, Ayah dirumah tak lagi merokok karena ini bisa membuat anak meniru saat besar nanti. Seperti membuang sampah pada tempatnya agar rumah dalam keadaan bersih dan sehat. Anak pasti butuh panutan untuk dirinya, maka Bunda dan Ayah harus siap ya menjadi panutan yang baik untuk anak.

Nah itu tadi keenam tips yang wajib orangtua tau supaya anak tak gampang sakit. Bunda, kira-kira dari keenam tips diatas ada lagi yang kurang enggak ya? Lebih baik langsung diskusi saja yuk di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Salam,
 steffifauziah
Next Post Previous Post