Trik Memodifikasi Penggunaan huruf Kapital di Microsoft Office Word

Pada hari ini topik pembahasan kita masih sama seperti kemarin, yaitu tentang microsoft office word. Nah, kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana caranya merubah huruf kapital tulisan di awal kalimat, di setiap awal kata dan lain sebagainya.

Sebagai contoh kalian bisa melihatnya dibawah ini :

1. Saya mau makan nasi
2. SAYA MAU MAKAN NASI
3. saya mau makan nasi
4. Saya Mau Makan Nasi
5. sAYA mAU mAKAN nASI







Ketika kalian sedang menulis tentu tidak akan luput dari yang namanya kesalahan dalam menulis huruf kapital, baik itu di awal kalimat maupun di awal kata. Jika harus merubahnya satu persatu maka akan menyita banyak waktu kalian. Untuk itu, saya ingin memberikan tutorial ini agar bisa menghemat waktu kalian dalam mengerjakan tugas. Sebenarnya ada cara lain selain memperbaiki yaitu dengan cara mencegah atu meminimalisir kesalahan dalam penulisan huruf kapital yaitu sebagai berikut.

a. Menggunakan tombol caps lock di keyboard
   
waktu saya masih sekolah dulu teman-teman saya sering menekan tombol capslock ketika ingin membuat huruf kapital lalu menekannya lagi untuk membuat huruf non kapital. Sebenarnya cara ini bisa juga dilakukan namun menurut saya kurang efektf jika dilakukan secara terus menerus. saran saya kalian gunakan cara yang kedua ini

b. Menggunakan tombol shift
  
Menurut saya cara ini cukup efektif namun semuanya kembali ke kalian lebih mudah memakai cara yang mana. Penggunaan tombol shift untuk merubah huruf kapital cukup mudah yaitu dengan menekan tombol shift + huruf yang ingin kalian tulis. Misalnya kalian ingin menulis kalimat "saya mau makan nasi" dan kalian ingin huruf kapital pada awal kata. misal seperti ini " Saya Mau Makan Nasi". maka kalian cukup menekan Shift + S untuk membuat huruf S menjadi kapital.


Jika kalian masih bingung dengan cara di atas, tenang. saya masih ada cara yang lebih mudah dibandingkan dengan cara di atas. lansung saja simak tutorial berikut ni.

1. Blok kalimat atau kata yang ingin kalian rubah huruf  kapitalnya
2. Pergi ke menu home
3. Klik pada sub menu berikut maka akan muncul beberapa pilihan seperti : (sentence case, upper case,lower case dll)






4. Selanjutnya kalian pilih sub menu tersebut untuk merubah huruf kapitalnya. berikut penjelasan dari setiap sub menu




  

  • Sentence case : fungsinya adalah untuk merubah huruf kapital di awal kalimat (seperti contoh nomer 1 diatas)
  • lowercase: Fungsinya adalah untuk membuat huruf non kapital di semua kalimat (contoh nomer 3)
  • UPPERCASE : Fungsinya adalah untuk membuat huruf kapital disemua huruf (contoh nomer 2)
  • Capitalize Each Word : Fungsinya adalah untuk membuat huruf kapital pada setiap awal kata (contoh nomer 4)
  • tOGGLE cASE : Fungsinya adalah untuk membuat semua huruf diawal kata menjadi non kapital dan semua huruf selain huruf pertama pada kata menjadi kapital (contoh nomer 5)
5. Selesai

Untuk cara yang terakhir ini sangat saya rekomendasikan untuk kalian semua karena kita cukup menulis kalimat atau paragraf dulu kemudian barulah kita edit dengan cara tesebut.

Bagaimana, mudah bukan. Semoga tutorial yang saya berikan ini bisa dipahami dan dimengerti serta bermanfaat bagi kita semua. Lagi-lagi kita harus berpisah di akhir artikel tapi tenang kita akan bertemu lagi di lain artikel. Jika kalian memiliki masalah atau mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas terutama yang berhubungan dengan software pendidikan, kalian bisa request artikel kepada saya. InshaAllah apabila saya mempunyai solusinya maka akan saya bagikan kepada kalian melalui artikel.


Salam Hangat


Penulis
Next Post Previous Post