Waspada Terhadap Virus Corona Tanpa Perlu Panik, Begini Tipsnya!

Halo, Sobat Blogger!

Waspada Terhadap Virus Corona

Sekarang ini Indonesia sedang dilanda musibah. Virus yang awalnya berasal dari China ini merebak hingga berbagai belahan dunia. Salah satunya negeri tercinta kita ini, Indonesia yang juga terkena dampaknya. Khawatir? Jelas, karena virus ini tidak main-main bahayanya.

Bahkan di China sendiri yang terdampak pada virus ini sudah puluhan ribu orang yang terinfeksi dari akhir tahun 2019, meski sekarang sudah mulai berkurang banyak. Alhamdulillah, semoga Indonesia juga segera membaik kondisinya. Nah, supaya kita tak panik mengenai Virus Corona ini, ada baiknya kita mengenal Virus ini terlebih dahulu. Yuk, kita bahas satu per satu.

Latar Belakang Tentang Virus Corona

Virus Corona ini juga dikenal dengan COVID-19. Kasusnya ini berawal dari penyakit radang paru-paru yang misterius pada akhir tahun 2019. Diduga hal ini terjadi di Pasar Huanan di Wuhan salah satu pasar yang menjual berbagai macam daging binatang liar, bahkan tak biasa dikonsumsi seperti ular, kelelawar, tikus dan lain-lain.

Baca juga Makanan dan Minuman Untuk Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Banyaknya ditemukan kasus radang paru-paru misterius ini di Pasar Huanan, membuat pasar ini akhirnya ditutup sementara untuk mengetahui penyebab pastinya. Sampai akhirnya ditemukan bahwa Virus Corona atau COVID-19 adalah penyakit yang menyebabkan radang paru-paru misterius tersebut. Dimana virus tersebut berasal dari hewan kelelawar yang dikonsumsi oleh manusia. Sebenarnya Virus Corona ini sudah tidak asing di dunia medis, namun hanya beberapa jenis saja yang mampu menginfeksi manusia hingga menjadi radang paru-paru.

Namun perlu diketahui, sebelum Virus Corona ini merebak seperti sekarang, sudah ada SARS dan MERS yang juga berkaitan dengan virus ini. Dari latar belakang tersebutlah, tidak hanya kali ini saja Virus Corona membuat gempar dunia. Apalagi gejala Virus Corona ini seperti flu, batuk dan sesak nafas yang membuat penderitanya mengalami gagal organ.

Status Pandemi Virus Corona

Dilansir dari news.detik.com (18/03/2020) masih belum jelas apakah kelelawar, ular dan hewan liar lainnya yang memang menyebabkan Virus Corona ini. Namun terlepas dari itu semua, memang benar adanya virus ini bisa menular ke manusia dan menjadi bahaya yang sangat serius. Sehingga Kesehatan Organisasi Dunia WHO menetapkan hal ini sebagai pandemi Virus Corona pada tanggal 11 Maret 2020.

Pandemi ini mengindikasikan bahwa infeksi Virus Corona sangat cepat dan hampir semua belahan dunia telah terkena virus ini. Peningkatan jumlah kasus yang sangat signifikan di waktu yang singkat membuat negara-negara yang terkena wabah ini harus segera menanganinya dengan tepat dan cepat. Semoga saja segera ada obat dan vaksin untuk Virus Corona ini, sehingga keadaan dunia lebih baik lagi. Aamiin.

Diketahui dari WHO bahwa Eropa merupakan yang paling terbesar terkena dampak wabah virus ini,  Eropa menjadi pusat pandemi virus Corona secara global. Jumlah kematian karena Virus Corona di Eropa lebih besar dibandingkan di China. Menurut WHO, jumlah kasus Virus Corona ini lebih dari 136 ribu disekitar 123 negara . Sejumlah 81 kasus dari total tersebut berada di wilayah China daratan. Di Eropa, Italia yang mengalami infeksi Virus Corona terparah dan tercatat lebih dari 15 ribu kasus.

Bahkan di ASEAN, Indonesia telah menjadi nomer satu yang terparah karena kematian dari virus ini sangat tinggi. Sekitar 300 lebih positif Virus Corona dan terdapat kurang lebih 25 orang meninggal dunia per Maret ini. Diperkirakan selama dua minggu ini akan terus bertambah. Maka dari itu, Virus Corona ini bukan lagi main-main. Kita harus mulai menjaga diri supaya tetap sehat dan imun tubuh selalu dalam keadaan baik.

Gejala Pada Virus Corona

Mengetahui gejala-gelaja Virus Corona sangat penting. Hal ini dapat membuat kita lebih waspada dan jika terdapat gejala ini bisa langsung ke rumah sakit terdekat untuk melakukan penyembuhan. Apalagi virus ini mirip seperti flu biasa, untuk itu kita harus pandai membedakannya.

Gejala Ringan Virus Corona
  • Batuk
  • Letih
  • Sesak nafas dan terasa ngilu pada seluruh badan
  • Terasa tidak enak badan

Gejala Berat Virus Corona
  • Kesulitan bernafas
  • Infeksi radang paru-paru
  • Sakit di badian perut
  • Nafsu makan turun

Baca juga Review Foodstock, Meal Ready To Eat

Gejala diatas biasanya terjadi antara 2-10 hari, tetapi ada juga yang setelah 24 hari baru mengalaminya. Memang tak semua orang akan mengalami hal yang sama, tetapi setidaknya ketika kita mengalami batuk sudah harus menjaga jarak dari orang lain dan pergunakan masker ketika keluar rumah. 

Selain itu, untuk membedakan antara Virus Corona dan flu biasa, perhatikan hal ini :

Waspada Terhadap Virus Corona

Jika terjadi salah satu atau dua hal diatas, bersegeralah untuk ke rumah sakit dan tes Virus Corona. Agar dilakukan penanganan yang tepat dan bisa segera diatasi penyakitnya.

Tips Pencegahan Virus Corona

Pencegahan sangat perlu kita lakukan, agar tak semakin menyebar Virus Corona ini. Kita harus mematikan rantai penyebaran dari virus ini. Jangan sampai kita dan keluarga kita terkena. Maka, lakukan pencegahan terkait Virus Corona :

1. Rutin Cuci Tangan