Penundaan UN Berpengaruh pada Kalender Akademik


Magister-pendidikan Online. Penundaan Ujian Nasional  (UN) di 11 provinsi, salah satunya akan berpengaruh pada kalender akademik. Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, mengatakan, pelaksanaan UN 15 April itu, sudah jelas terjadwal dalam kalender akademik.
‘’Tapi faktanya di tanggal itu UN tidak terjadi, padahal sudah jelas terjadwal,’’ ujar Ilham saat dihubungi Selasa (16/4).

Menurutnya, ini menjadi pertanyaan besar karena pembuatan kalender akademik sudah sangat terencana dan waktunya sudah lama. Tiba-tiba saja, di penghujung hari H justru tidak terselenggara dengan baik. Karena itu, Ilham menganggap, ini adalah kesalahan fatal yang terjadi pada dunia pendidikan nasional. 

Mundurnya pelaksanaan UN, kata Ilham, pasti akan mempengaruhi jadwal kalender akademik yang mengikuti setelah proses UN selesai. Pelaksanaan yang mundur tiga hari dari jadwal, misalnya, bisa saja berakibat mundurnya pula pemeriksaan soal-soal, pengumuman kelulusan, lalu berimbas ke pendaftaran ke perguruan tinggi yang tahun ini kelulusannya pun sangat bergantung pada hasil UN. 

Selain itu, kata Ilham, jadwal UN SMP dan SD pun bisa mundur akibat UN untuk SMU/SMK mundur. Begitu pula masa libur sekolah ikut mundur ataukah mungkin berkurang jumlah harinya.  ‘’Pokoknya, UN mundur membuat kalender akademi kacau. Penerimaan siswa dan mahasiswa juga berpengaruh sementara jadwal susah dimundurkan. Itu masalahnya, semua akan terganggu,’’ kata Ilham. 

Dia pun mempertanyakan, bagaimana dengan jaminan soal tidak akan bocor dalam kondisi seperti ini. Ilham yang juga ketua DPD Demokrat Sulsel ini mengatakan, tidak mengerti mengapa pusat seolah tidak percaya pada daerah untuk mencetak soal-soal UN. ‘’Tahun-tahun sebelumnya percetakan soal didistribusikan juga ke daerah, dan cukup aman,’’ ujarnya.

---
*http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/16/mlbvua-penundaan-un-berpengaruh-pada-kalender-akademik
Next Post Previous Post