3 ALASAN KENAPA KAMU HARUS BEROLAHRAGA SAAT MENSTRUASI!


Banyak yang berfikir kalo olah raga itu cuma soal mengurangi berat badan saja. Banyak juga yang enggak tau kalo olah raga itu bisa membantu mengingkatkan kesehatan tubuh loh. Cuma sayangnya, banyak orang yang masih malas dan gak mau mencoba untuk rutin berolah raga demi menjaga kesehatan. Banyak yang komen di instagramku "udah kurus yang di olah raga-in apa sih?", "kenapa sih bisa kurus padahal makannya banyak!" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Aku pribadi seneng dan rutin olah raga karena memang keharusan, aku merasa dengan berolah raga, badanku jadi enggak gampang capek dan tentu mau makan sebanyak apapun berat badanku masih segitu-segitu aja. Banyak banget nih yang belum nikah dan belum punya anak dengan bangga bilang "aku mau makan sebanyak apapun gak bisa gendut jadi gak perlu olah raga", hehehe.

Masih dalam konten dimana olah raga hanya untuk nurunin berat badan doang. Dulu aku juga gitu, berat badan stuck di 42kg, tapi makin kesini hormon berubah dan berat badan gampang banget naik, gampang capek dan sebagainya. Akhirnya sejak 3 tahun lalu aku memutuskan untuk rutin olah raga, olah raga yang biasa aku lakukan adalah muaythai seminggu 2x dan running seminggu 2x (dengan jarak 5-8km), dulu aku selalu lari sendiri hingga akhirnya memberanikan masuk untuk ikutan running club di Jakarta. Seneng aja sih, sekarang setiap lari ada banyak teman hehe.

Btw, ngomongin soal olah raga. Ternyata olah raga juga punya banyak manfaat ketika kita sedang dalam datang bulan loh! Banyak banget nih pas menstruasi, pengennya cuma tidur dikasur doang karena sakit perut dan sebagainya. Padahal dengan olah raga malah bisa membantu meredakan gejala PMS loh! Bahkan semakin aktif kamu bergerak setiap harinya, maka saat menstruasi, PMS yang kamu rasakan juga bakal berkurang. Rasa sakitnya berkurang, serta aliran darah yang keluar juga lebih stabil loh! :) ada 3 hal yang menurutku kenapa kita sangat perlu berolah raga apalagi di saat menstruasi!
1. Meningkatkan Mood

Biasanya kalo udah PMS mood swings pasti berasa banget deh. 5 menit happy 5 menit sedih, padahal ya enggak kenapa-kenapa, makanya banyak istilah "senggol bacok". Percaya gak kalo aku enggak pernah merasakan mood swings saat menstruasi? Bahkan aku enggak percaya adanya mood swings saat mens, kalo makan banyak IYA! hihihi.

Tapi perubahan mood akibat hormon normal kok guys. Nah karena ini normal, coba deh kalian gerak sedikit saat menstruasi. Jogging atau senam-senam kecil dirumah yang pake aplikasi cuma 7 menit gitu. Saat olah raga, tubuh melepaskan zat kimia yang di sebut endorfin. Endorfin ini memicu perasan positif di dalam tubuh loh! Makanya banyak studi yang membuktikan bahwa olah raga dapat menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan mood baik :)

2. Meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi keram menstruasi

Seperti disebutkan di atas, endorfin dilepaskan saat latihan mengurangi persepsi rasa sakit. Berolahraga juga dikenal untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Tahu gak kalo stress bisa meningkatkan keram perut saat mens?  nah, lagi-lagi dengan olah raga bisa melepaskan tingkat stress secara alami yang kemudian mengurangi keram menstruasi.

3. Mengatur periode menstruasi tidak teratur secara alami

Sejauh ini, aku enggak pernah yang namanya terlambat haid. So far, menstruasiku teratur sekali. Aku punya kalender menstruasi yang bisa ngecek kapan aku akan datang bulan. Nah, dengan olah raga secara rutin atau saat menstruasi bisa membantu siklus haid teratur setiap bulannya.


Anyway ngomongin soal haid. Kalian suka sebel enggak sih kalo lagi masa haid dan ada bau-bau enggak enak? Karena pengaruh hormonal, pas cewek lagi dapet, pasti ada bau-bau yang enggak enak. Dan aku cukup terganggu dengan hal ini, makanya banyak yang bilang minum-minum jamu bisa bikin bau enggak sedap itu keluar saat mens tapi kayaknya enggak ngaruh juga karena aku pribadi pun masih suka konsumsi jamu. Btw, selain faktor hormonal, kelembapan juga berkontribusi besar dalam membuat area kewanitaan semakin bau (banyak faktor sebenernya, seperti darah dll).

Nah, beberapa bulan ini lagi coba pembalut yang oke banget buat nanganin si bau-bau enggak enak ini, Apa sih yang membedakan teman setiaku ini dengan yang lain? Jadi, Charm Fragrance dengan keharuman mawarnya, dapat meng-cover bau enggak sedap saat menstruasi, jadi enggak perlu khawatir ada bau tidak enak saat haid. Pasti kalian pernah kan saat ganti pembalut ada bau yang enggak enak, nah enggak perlu khawatir lagi deh!

Yang paling aku suka dari Charm Fragrance ini sizenya super slim, saking tipis nya jadinya nyaman banget saat digunakan untuk olah raga atau kegiatan sehari-hari. FYI, Charm Fragrance ada 2 type yakni Extra Maxi & Super Slim, kalo aku pribadi selalu pakai si Super Slim saat haid! Aku merasa nyaman ketika pembalut super tipis, jadi enggak malu kalo lagi pakai legging atau celanan ketat hehehe. Btw, pembaca disini ada yang pakai Charm Fragrance juga? Pakai yang mana? Share dong! :)

SEE YOU ON MY NEXT POST!
LOVES,





SASYACHI

Next Post Previous Post