Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Hola, Sobat Blogger!


Pernah enggak tulisan kita di copy paste secara keseluruhan oleh seseorang? Duh, sedih banget ya kalau tahu, huhu. Saya pernah dong, artikel saya di Estrilook dengan judul Ketahui 8 Syarat Pakaian Sesuai Syariat Khusus Untuk Muslimah telah di copy paste secara keseluruhan oleh sebuah website.

Sayangnya saya enggak simpan si website tersebut. Saya pernah coba cek di google tetapi enggak ketemu lagi sama websitenya. Meski si website tersebut tetap menulis nama saya sebagai penulis. Tapi, hal tersebut tidak etis di dunia literasi. Bagaimana kalau google mendeteksi plagiat? Seram banget jika tiba-tiba Estrilook kena, padahal itu bukan salahnya, kan?

Dari pengalaman hal itu, saya teringat seorang teman yang pernah share informasi. Bahwa sebuah blog ada baiknya memasang pengaman agar tak mudah di copy paste oleh pihak-pihak nakal. Sebenarnya, beliau sudah lama share di grup blogger. Tetapi saya hanya membintangi chat dia tersebut dan belum juga dilakukan hingga sekarang, huft.

Setelah akhirnya kejadian, meski bukan tulisan blog saya (belum tau juga sih kenyataannya, hehe) tapi merasa miris aja gitu. Kok ada ya yang mau cepat mengambil keuntungan dengan meng-copy paste tulisan kita ke website lain tanpa ijin. Sama persis pula. Yampun, bikin panas dingin nan meriang, hehe.

Nah, untuk itulah saya kembali ubek-ubek chat di whatsapp untuk menemukan kembali "pengamanan" tersebut. Agar blog saya enggak mudah untuk di copy paste tanpa ijin. Pengamanan  anti copy paste ini berupa kodingan. Tapi, untuk memasukkan kodingan ke dalam blog enggak sulit kok. Yuk, simak di bawah ini cara-caranya.

Kodingan Anti Copy Paste di Blog

Ini adalah kodingan yang nanti kamu copy dan paste kan di dalam blog. Saya share di sini, ya. Nanti tinggal ikuti saja beberapa langkah yang akan saya beritahukan selanjutnya.

<script type="text/javascript">if (typeof document.onselectstart!="undefined") {document.onselectstart=new Function ("return false");}else{document.onmousedown=new Function ("return false");document.onmouseup=new Function ("return true");}</script > 

Enggak perlu diingat, nanti kamu keder sendiri. Intinya kodingan ini bisa menyelamatkan blog kamu dari kejahatan copy paste yang beredar luas di jagat maya. So, hati-hati selalu dan jaga tulisan kita dari orang-orang jahat yang suka mengambil keuntungan seenaknya.

Langkah-Langkah Insert Kodingan ke Blog

Langkah-langkah di bawah ini tidaklah sulit kok. Cenderung mudah. Tetapi karena satu lain hal pasti ada saja yang tidak berhasil. Sebelum ke langkah-langkah di bawah ini saya mau kasih unjuk blog saya masih bisa di copy sebelum insert kodingan anti copy paste.

Masih bisa di copy

Nah, coba pahami dengan baik-baik dan lebih teliti lagi ketika mengikut langkah-langkah di bawah ini. Oke? Selamat mencoba, ya.

1. Login ke dashboard blogger

2. Pilih "Theme"



3. Klik "Edit HTML"



4. Cari <head> dengan CTRL+F pada keyboard



5. Setelah ketemu <head> masukkan kodingan anti copy paste




6. Klik "Save Theme"



7. Berhasil! Coba untuk copy paste di blog kamu untuk meyakinkan

Ini setelah pemasangan kodingan anti copy paste, tak bisa lagi di copy

Jika tidak berhasil di copy berarti masukkan kodingan-nya benar. Jika tidak berhasil coba ikuti langkah-langkah diatas dengan lebih teliti lagi, ya. Caranya enggak susah, enggak perlu bikin kodingan sendiri juga, tinggal copy paste aja. Selesai.

Eh karena blog saya sudah pakai proteksi supaya tidak bisa di copy paste. Silahkan download file-nya aja ya, Download Kodingan Anti Copy Paste di Blog. Semoga berhasil, ya!

Alasan Proteksi si Blog

Mengapa sih kita begitu susah payah untuk memproteksi si blog ini? Rumah maya yang selalu kita rawat dan isi dengan tulisan yang bermanfaat. Apakah terlalu over protective dengan menggunakan kodingan anti copy paste itu? Tergantung sih ya setiap individu memperlakukan rumah maya-nya seperti apa? Jika memang si empunya fine-fine aja untuk blognya di copy paste dimana-mana ya monggo aja. Kalau pun harus aware karena takut tulisan kita diaku orang lain, ya proteksi blog kita adalah penting.

Jadi, apa saja nih alasannya dan mengapa harus proteksi si blog?

1. Tulisanku, Hanya Miliku

Iyalah. Tulisan yang ada di blog saya ini, emang punya saya. Bukan punya siapa pun. Punya suami saya pun bukan, wkwk. Tapi kalau saya ya punya suami, wkwk *apa sih. Intinya, saya sih enggak ridho kalau tulisan saya diaku oleh orang lain. Jika pun ingin tulisan saya, ya langsung kontak saya dan diskusi. Supaya saya pun enggak merasa dirugikan.

2. Tidak Terdeteksi Plagiat Oleh Google

Yap, google itu sebenarnya agak-agak protective sama tulisan-tulisan di internet. Jika, ketahuan plagiat bisa abis blog atau website. Di banned bisa aja karena terdeteksi semua plagiat tulisannya. Haduh, ngerih! Enggak bakal mau kan hal ini terjadi? Jangan sampai, ya.

3. Originalitas Tulisan Kita Tak Ternodai

Jelas ternodai. Tulisan kita yang awalnya murni hanya kita saja yang punya. Tiba-tiba di website atau di blog lain juga ada. Sama persis. Lah? Mereka pun enggak pernah menghubungi kita untuk beli tulisan kita. Enggak usah beli deh ijin aja dulu, boleh apa enggak, juga enggak ada. Tiba-tiba jeng jeng, itu tulisan kita dengan gaya bahasa kita, sudah nongkrong cantik di blog/website orang. Gemas! Tulisanku masih murni, please jangan dinodai tulisan ini dengan cara kotormu, hei!

4. Bikin Mereka yang Suka Plagiat, Kapok!

Jika tulisan kita di proteksi, maka para plagiat di luar sana akan kapok kok! Enggak lagi deh coba-coba untuk plagiat. Karena bagaimana mau plagiat jika di copy aja enggak bisa. Bikin emosi dia pasti kan, wkwkwk. Kasihan deh.

5. Boleh Copy Paste dengan Ijin Pemilik Tulisan

Jika pun ada yang ingin tulisan kita di publish di tempat lain. Ya, bicarakan baik-baik dengan si empunya. Tanya rate harganya berapa dan apakah kita bersedia atau tidak. Nah, kalau begini kita pun enak karena jelas gitu. Enggak asal caplok terus taruh di tempat lain. Ih, gemas!

Setuju enggak dengan alasan diatas? Setidaknya kita sudah berusaha untuk mengatakan "TIDAK" kepada plagiat. Kita nulis di blog atau pun artikel di suatu media online tentu dengan hati, pikiran dan tenaga yang tidak sedikit. Pasti ada yang dikorbankan. Tidak mau dong dengan mudah mereka yang ingin cepat meraup keuntungan dengan mudah hanya copy paste demi trafik website-nya. Tentu, tidak semudah itu, Ciripa!

Maka, dari itu, gaes. Yuk, mulai aware dengan tulisan kita sendiri. Supaya enggak mudah diaku-aku oleh orang lain. Enak aja mau diaku-aku, kita pun nulis dan cari idenya aja enggak mudah, ya. Hihi, Keep writing ya, gaes. And keep protective to your blog!

Salam,
Next Post Previous Post