Saya Angkatan Indonesia Melek Teknologi, Kamu?

Kemajuan teknologi adalah buah globalisasi yang tidak bisa dielakkan dalam denyutan kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan sebagai rakitan dari era globalisasi. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan faedah positif bagi kehidupan manusia. Teknologi juga lahir sebagai aktor untuk memfasilitasi cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Manusia juga sudah menikmati banyak hidangan-hidangan yang diracik oleh inovasi teknologi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Pada era globalisasi saat ini, penguasaan teknologi menjadi pelakon dan indikator kemajuan suatu negara. Negara dikatakan maju jika memiliki tingkat penguasaan teknologi yang tinggi, sedangkan negara-negara yang tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi kerap dianggap sebagai negara yang tertinggal. 


MENGAPA PENDIDIKAN TEKNOLOGI PERLU DIKEMBANGKAN DI TANAH AIR?

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk nan sangat berlimpah dengan tingkat pendidikan, ekonomi dan teknologi yang pas-pasan. Sedangkan pada sisi lain, negera Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, hal ini membuat negara Indonesia sangat klop sebagai tepat sasaran negara lain untuk berbagai kepentingan dengan posisi yang lemah. Untuk memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki bagi kesejahteraan masyarakat diperlukan sumber daya manusia yang memegang tampuk teknologi. 




Generasi-Indonesia-melek-teknologi-jpg

Teknologi pada saat ini merupakan pangsa yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, dan pada era kedepan intensitas keterlibatan teknologi dalam kehidupan manusia akan semakin tinggi. Teknologi tidak akan pernah berhenti berlari. Bangsa yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi akan menjadi korban dari perkembangan teknologi itu sendiri, bahkan lebih buruk lagi, akan menjadi budak teknologi. 

Pada saat ini dan masa yang akan datang, generasi akan tumbuh dan berkembang dalam dunia yang diselimuti oleh teknologi. Derajat keterlibatan anak dengan teknologi akan menentukan perkembangan pengetahuan dan minat mereka terhadap teknologi. Sementara itu pengetahuan tentang teknologi telah menjadi gejala sosial budaya yang tidak mudah untuk dibendung. Perkembangan teknologi yang sangat kilat menyebabkan bidang dan karakteristik pekerjaan masa mendatang tidak mudah diprediksi. Untuk itulah diperlukan pendidikan teknologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan mendatang. 


Penjelasan diatas menunjukkan dan meyakinkan agar bangsa Indonesia acap untuk berperan aktif dalam perkembangan teknologi dengan cara mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk membangun masyarakat yang “melek teknologi” dengan prinsip teknologi adalah cara memajukkan bangsa Indonesia. 


JANJI TEKNOLOGI


Suatu hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah bahwa setiap perkembangan teknologi selalu menjanjikan kemudahan, efisiensi, serta peningkatan produktivitas.



Generasi-Indonesia-melek-teknologi-jpg
  1. Teknologi menjanjikan kemajuan. Teknologi merupakan simbol kemajuan. Siapa saja yang mampu mengakses teknologi, maka ia akan mengalami sedikit atau banyak kemajuan ke arah entah dalam bentuk apa pun. Seseorang tidak akan ketinggalan informasi mana kala ia menggenggam sebuah teknologi. Teknologi telah mempengaruhi gaya hidup, dan bahkan teknologi juga telah menjadi gaya hidup itu sendiri. 
  2. Teknologi menjanjikan kemudahan. Teknologi memang diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi individu. Orang-orang tidak perlu susah-susah untuk menghubungi sanak keluarganya di luar kota, bahkan di luar negeri. Mereka cukup beraksi melalui telepon genggam. Orang tidak perlu mengantri di depan petugas teller bank untuk melakukan berbagai transaksi, kita cukup masuk ke ruang ATM dan kita dapat melakukan segala jenis transaksi menggunakan mesin tersebut. Ketika kita lapar, kita cukup memesan melalui telepon genggam, kemudian dalam beberapa menit, petugas pengantar makanan sampai di depan pintu rumah kita. Kita dapat memanfaatkan pesawat terbang untuk melakukan perjalanan jauh dalam waktu singkat, kita tidak perlu bersusah payah naik ke lantai yang lebih tinggi di sebuah gedung bertingkat, kita cukup memanfaatkan lift atau eskalator. Banyak kemudahan-kemudahan yang dijanjikan oleh teknologi, bukan hanya berjanji tetapi membuktikan. Karena teknologi bukan pemberi harapan palsu. 
  3. Teknologi menjanjikan peningkatan produktifitas. Perusahaan besar banyak memanfaatkan teknologi untuk alasan efisiensi dan peningkatan produktivitas daripada harus mempekerjakan tenaga kerja manusia yang memakan banyak anggaran untuk menggaji mereka. Teknologi juga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dengan berlipat ganda. Teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai alat kontrol untuk mengevaluasi kinerja seseorang. Teknologi finger print (sistem presensi dengan memanfaatkan sidik jari) misalnya, akan dapat mengontrol tingkat kehadiran karyawan di kantor. 
  4. Teknologi menjanjikan kecepatan. Berbagai pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan cepat manakala kita memanfaatkan teknologi. Keberadaan komputer akan membantu mempercepat pekerjaan di kantor, mempercepat pembukuan, teknologi juga akan mempercepat proses pengiriman dokumen, surat atau file, serta barang. Memasak nasi akan lebih cepat jika menggunakan rice cooker. Semua pekerjaan dan setiap kesulitan akan teratasi dengan teknologi. 
NF COMPUTER IT LEARNING SOLUTIONS

Di Era Industri 4.0 saat ini, teknologi informasi mekar sangat kilat, oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia di bidang IT (Information Technology) menjadi sebuah kepentingan yang harus diprioritaskan. NF COMPUTER menjadi jawaban yang tepat atas kebutuhan pengembangan kompetensi IT. NF Computer merupakan lembaga bidang pendidikan dan IT (Information Technology) untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. 


Lembaga ini sudah dipercaya oleh masyarakat selama lebih dari 24 tahun. Alumni-alumninya telah berkiprah dan diakui kualitas kerja dan integritasnya oleh dunia usaha. NF COMPUTER menyelenggarakan Pelatihan dan Pendidikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (IT Training).


Beberapa jenis pelatihan ini akan sangat cocok untuk generasi-generasi yang memiliki selera di bidang teknologi. Kedua jenis pelatihan ini dapat menjadikan generasi Indonesia menjadi generasi yang berjaya di bidang teknologi.


1. Materi Android Programming Advanced. Sebagai generasi pengguna android, tentunya kita ingin selangkah lebih maju untuk tidak hanya menjadi aktor konsumtif dalam kehadiran android. Melainkan menantang diri untuk menjadi pengguna dan pencipta yang produktif di bidang tersebut. Pelatihan ini memfokuskan pada pembuatan aplikasi Android menggunakan fitur-fitur lanjutan yang memerlukan pengetahuan lebih, seperti pembacaaan status device, penggunaan media kamera dan penyimpanannya, pustaka Google Maps V2, hingga koneksi Android ke Web Service. 
Tujuan dari pelatihan ini antara lain:
Setelah mengikuti training Android Programming Advanced, peserta diharapkan memiliki kemampuan : 


  • Membuat aplikasi Android yang mampu membaca informasi jaringan, device. 
  • Membuat aplikasi Android yang mampu merekam gambar dan menyimpannya dalam media penyimpanan internal ataupun eksternal. 
  • Membuat aplikasi Android berbasiskan pustaka Google Maps V2, sehingga dapat membaca lokasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk Geotagging kamera. 
  • Membuat aplikasi Android yang mampu berkomunikasi dengan Web Service. Pokok Bahasan Android Advanced: 1. Overview Permission 2. Membaca Status Jaringan 3. Membaca Status Device Android 
  • Pengambilan gambar menggunakan Kamera Android 
  • Penyimpanan gambar ke media penyimpanan 
  • Overview Pustaka Android Google Maps V2 
  • Pembuatan aplikasi Android Map 
  • Pengenalan SOAP Web Service 
  • Pengenalan RESTful Web Service 
  • Request dan Response melalui Web Service 
  • Pembuatan aplikasi CRUD Android dan Web Service
 Durasi : 28 Jam 

2. Web Search Engine Optimization (SEO). Siapa yang tidak tahu apa itu SEO?  Tentunya seorang blogger atau pemilik website bisnis tidak asing dengan istilah tersebut. SEO menjadi pondasi yang penting suksesnya sebuat blog dan website bisnis. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 


Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet. 


Pokok Bahasan: 


  • Step-by-step Setup (Google Anaytics, Google Webmaster Central) 
  • Setup & Linking RSS Feed 
  • Social Bookmarking 
  • Twitter, Facebook, Youtube 
  • Meta Data Web Optimize 
  • Optimize Title 
  • Keyword & Article Content in Class Live SEO practical training 

Durasi: 16 Jam 
(Program khusus NF COMPUTER)

KUALITAS BANGSA TERGANTUNG PADA PENGUASAAN IT

Perlu kita sadari bersama, kualitas kehidupan bangsa Indonesia di masa depan akan sangat berergantung kepada kemampuan kita mempersiapkan generasi muda dan anak-anak sekarang ini dalam menghadapi berbagai kondisi di masa yang akan datang. Kemampuan teknologi yang semakin meningkat harus selaras dengan kemampuan generasi yang meningkat pula.


Selain itu, pengenalan teknologi sejak dini juga perlu untuk diterapkan demi terciptanya generasi dan pemuda pemudi bangsa yang melek teknologi. Mengenalkan teknologi tidaklah memfasilitasi anak dengan sebuah smartphone mahal lalu membiarkan dia bebas. Melainkan mengenalkan sisi positif teknologi dan memberikan pendidikan  terhadap kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian NF Computer menjadi jalan keluar yang tepat untuk menciptakan generasi-generasi yang unggul dalam bidang teknologi.



“Ayo Jadi Pemuda Pemudi Indonesia yang melek IT! Semangat sumpah pemuda! Semangat pemudi pemuda indonesia!”

Terimakasih
Next Post Previous Post