Ini Loh Keuntungannya Punya Laptop Lemot!

Halo, Sobat Blogger!

Punya Laptop Lemot

Merasa enggak percaya dengan judul tulisan di atas? Haha, awalnya saya juga enggak kepikiran membuat tulisan ini loh. Tapi, selama bertahun-tahun betah dengan laptop yang lemot akhirnya ingin membuat tulisan ini juga. Tulisan ini hadir sebagai kata perpisahan setelah 5 tahun si laptop menemani saya, hihi. Mohon maaf, ya, laptop harus mengganti dirimu dengan laptop yang lebih baik performa-nya.

Eh, tapi ada yang tahu enggak sih apa itu lemot? Kalau saya cek di KBBI tentang lemot itu artinya lambat atau lama. Nah, si laptop yang saya punya ini emang lambat banget dan lama banget loading-nya. Bikin esmoni eh esmosi eh emosi tingkat dewa. Meski kadang memberikan saya arti yang mendalam dari kelemotannya. Cie, asyik!

Sebagai seorang freelancer yang produktif bekerja di rumah tentu punya laptop lemot adalah hal yang sangat menyebalkan. Saya pun merasakannya banget. Ketika lagi butuh banget sama si laptop dan ingin buru-buru mengerjakan job. Eh, tiba-tiba si laptop loading-nya lama banget dan bikin kesal. Dari yang sabar dan banyak istighfar hingga akhirnya sudah tak kuasa lagi ngomel-ngomel sama si laptop, haha.

Baca juga Ketika Ada Jarak Maka Rindu Hadir, Jika Suami WFH Masih Adakah Rindu?

Tapi, dibalik kelemotan si laptop ternyata ada untungnya juga loh. Hah? Masa iya? Iya, saya sudah merasakannya sendiri selama bertahun-tahun. Bayangkan bertahun-tahun saya betah sama si laptop. Pastinya ada beberapa keuntungan dibalik itu semua dong. Penasaran? Simak langsung ulasannya berikut ini :

1. Melatih Kesabaran

Punya Laptop Lemot

Iyalah, namanya juga laptop lemot. Pastinya melatih kesabaran si yang punya laptop. Supaya saya tetap waras meski si laptop loading-nya dari pagi sampai malam baru bisa dipakai. Eh enggak selama itu juga sih, wkwkwk. Saya tetap harus happy dengan cobaan ini.

Awalnya, ya, pasti enggak sabaran. Tapi lambat laun memakai si laptop yang lemotnya ampun-ampunan ini. Saya akhirnya pasrah dan yaudahlah, ya nikmati aja semuanya. Toh yang penting tetap bersyukur masih punya laptop. Jadi tetap bisa mengerjakan job dan tetap menikmati menulis di blog atau pun menulis buku. Alhamdulillah!

Baca juga 30 Aktivitas Produktif yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja!

2. Menghargai Waktu

Punya Laptop Lemot

Bener banget ini saya jadi bisa menghargai waktu, jadi enggak ada lagi tuh malas-malasan mengerjakan job atau menulis. Karena paham banget si laptop lemot. Jadi saya harus cari cara untuk menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

Bagaimana caranya?

Langsung mengerjakan tugas tersebut tanpa nanti tanpa tapi. Ya, bayangkan aja sudah mengerjakan diawal dibandingkan orang lain aja saya tetap mengumpulkannya pas banget sama deadline. Enggak kebayang kalau saya mengerjakan tugas menulis nanti-nanti. Wah, bisa lewat deadline baru selesai.

Punya laptop lemot memang mengajarkan banget untuk menghargai waktu dan enggak terus-terusan untuk entar sok entar sok mengerjakan job atau menulis. Alhamdulillah memang selalu ada hikmah dibalik setiap cobaan, ya.

3. Bisa Multitasking

Punya Laptop Lemot

Iya bisa banget ini jadi multitasking. Saya kalau lagi buka laptop terus lemotnya lagi keluar, ya sudah saya mengerjakan hal yang lain dulu. Misal menyapu, mengepel, mencuci, menggosok baju, makan, ngemil, tidur, mandi sampai kadang saya tinggal ke warung dulu saking lamanya tuh loading enggak selesai-selesai.

Baca juga 9 Kiat Agar Tetap Produktif Menulis

Malah sudah selesai mengerjakan itu semua, tuh laptop masih aja betah sama lemotnya. Ya Allah rasanya kuingin berkata kasar dan segera menjual laptop ini saja, wkwkwk. Untung saya ingat banget poin pertama, bahwa punya laptop lemot itu melatih kesabaran. Jadi, saya sabar aja dah dan banyak istighfar.

4. Semakin Rajin Merawat Barang Elektronik

Punya Laptop Lemot

Dikarenakan ini laptop memang dasarnya lemot. Jadi saya harus pintar-pintar merawat laptop ini agar tidak semakin lemot atau malah matot (mati total). Misal aja ketika selesai mencharge laptop, segera dicabut supaya aman dari overcharge.

Ketika selesai digunakan tak lupa untuk shut down supaya ketika di buka si laptop enggak semakin lemot. Rajin juga untuk membersihkan debu yang menempel pada laptop. Selain itu, rajin-rajin memilah file sesuai kategori. Untuk memudahkan saya ketika mencari file dan mengurangi si laptop semakin lemot karena banyak tab yang harus saya buka.

5. Rajin Menghapus File yang Tidak Penting

Salah satu si laptop jadi lemot adalah banyaknya file yang ada di laptop kita. Meski untuk laptop saya ini, bukan itu masalahnya. Tapi enggak ada salahnya 'kan file-file yang tak penting segera dihapus. Agar laptop jadi lebih luang dan performanya lebih cepat juga ketika digunakan.

Baca juga Waspada Terhadap Virus Corona Tanpa Perlu Panik, Begini Tipsnya!

Makanya saya tuh sebelum melakukan aktivitas menulis atau apapun di laptop. Sebisa mungkin harus menyimpan file sesuai dengan kategorinya. Jadi, untuk file-file di luar kategori bisa dikatakan file yang tak penting dan bisa langsung dihapus. Enggak bikin saya mumet bin pusing juga kalau laptop lemot. Malas banget 'kan kalau harus cari satu-satu mana yang kira-kira file penting atau tidak.

Jadi, menyiasatinya langsung menyimpan file sesuai dengan kategorinya. Biar folder di laptop juga lebih rapi dan data aman. Setuju?

6. Menambah Pengetahuan Mengenai Laptop Lemot

Punya Laptop Lemot

Saya sempat mencari tahu supaya si laptop saya ini enggak makin lemot. Berbagai macam cara saya lakukan tapi tak pengaruh sama laptop saya. Tetap aja lemot pisan! Heu. Ya sudahlah, ya, setidaknya jadi menambah wawasan dan pengetahuan.

Jadi, ketika saya punya laptop baru dan tiba-tiba si laptop lemot kan bisa dicoba di laptop baru tersebut. Siapa tahu pengaruh, ya, enggak? Namanya juga usaha, haha.

7. Punya Laptop Lemot Memiliki Kesan dan Pesan

Punya Laptop Lemot

Memang memiliki laptop lemot memiliki kesan dan pesan tersendiri untuk saya. Saya merasa banyak banget hal yang perlu saya syukuri. Terkadang apa yang kita inginkan tidak mudah memang didapatkan harus ada ujiannya gitu. Sama seperti ketika saya beli laptop ini. Saya beli terlalu buru-buru karena sangat butuh dan tidak mengecek lebih jauh ketika di tokonya.

Ketika selesai beli pun sampai rumah enggak langsung di coba. Santai aja malah dijadikan pajangan, terus ngapain belinya buru-buru? Haha. Jadi, ya pelajaran banget buat saya sih. Sekarang hal tersebut sudah saya jadikan pelajaran berharga banget. Alhamdulillah, dapat pengganti laptop yang tak lemot sekarang. Performanya cepat dan bikin happy. Pasti bakalan kangen banget sama laptop yang dulu.

Baca juga Asyiknya Jadi Pembicara Meski Masih Pemula!

Nah, itu tadi beberapa hal yang menurut saya punya laptop lemot itu ternyata ada keuntungannya. Jika kita melihat dari sudut pandang berbeda setiap hal buruk yang terjadi pada hidup kita pasti ada hal yang baiknya. Jadi enggak salahnya dong, jika kita mendapatkan hal buruk untuk melihat dari sisi lainnya. Betul enggak?

Oh iya, sebenarnya salah saya juga sih ketika beli laptop ini tuh buru-buru. Jadi, baru sadar juga kalau ternyata dari awal saya beli laptop ini tuh sudah lemot. Kenapa saya enggak segera ke tempat service laptop-nya aja padahal ada garansi 3 tahun? Karena pas beli laptop ini saya antara pakai dan enggak pakai. Soalnya dapat laptop juga dari kantor. Laptop ini sengaja saya beli untuk mengurusi bisnis yang sedang saya jalani.

Nah, setelah resign baru deh pakai laptop ini sering banget. Pas sudah 1 tahun lebih baru ngeuh kalau si laptop lemot pisan. Tapi dasar saya malas banget mau ngurusnya. Sampai 5 tahun lah ini laptop tetap saya gunakan dengan kelemotannya. Betah banget, ya, saya, wkwkwk . Iya, saya emang tipe setia, *eh.

Baca juga Agar Keuangan Rumah Tangga Aman dan Tak Mudah Habis!

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk ganti laptop dan mengucapkan selamat tinggal sama laptop ini. Wah, enggak kebayang deh suka duka sama laptop lemot ini. Meski begitu saya merasa berterima kasih banget sama ini laptop bisa bertahan 5 tahun tanpa rusak apapun kecuali lemotnya aja, wkwkwk.

Lalu apa saja ya kiat-kiat untuk membeli laptop baru? Nanti saja deh saya bahas di postingan selanjutnya, ya. Menurut kamu ada lagi enggak, ya, keuntungan memiliki laptop lemot? Sharing yuk di kolom komentar di bawah ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang memiliki laptop lemot. Tetap di sayang, ya, laptopnya!

Salam,
Next Post Previous Post