RAKUTEN BELANJA ONLINE : SHOPPING IS ENTERTAINMENT


Situs belanja online memang akhir-akhir ini  semakin berkembang. Dan ternyata memang banyak orang (termasuk aku) yang akhirnya jadi lebih suka belanja online. Kenapa bisa gitu ? Alesannya banyak banget ! Kadang jalanan yang macet bikin kita males keluar rumah buat belanja, atau karena kita sibuk sama kegiatan yang bikin badan capek banget buat muter-muter nyari barang di mall atau toko. Lagipula belanja online banyak untungnya lho ! Udah praktis, nggak bikin capek, nggak habis tenaga, terus cepet lagi. Tinggal duduk, pilih-pilih barang, transfer, terus barang sampe rumah deh :D
Biasanya aku belanja online kadang via Instagram, kadang juga di toko online. Nah akhir-akhir ini aku lagi suka banget belanja di salah satu toko online yaitu Rakuten.



Yuk kita bahas dulu apa itu Rakuten.

Jadi Rakuten ini diluncurkan secara resmi di Indonesia dengan nama resmi Rakuten Belanja Online (RBO) Nama Rakuten sendiri sudah cukup besar di pasaran global. Di Jepang sendiri, Rakuten merupakan situs online shopping mall yang terbesar.

Rakuten yang sejak 27 Desember 2010 masuk ke Indonesia, ternyata membawa lebih dari  210,000 barang dari 2800 merchant dengan beragam kategori produk, termasuk mode busana dan aksesoris, kesehatan dan produk kecantikan. Ada juga dari kategori elektronik, mainan dan games serta furniture rumah. Gimana girls ? Lengkap banget kan ?

Selain terpercaya dan lengkap, belanja di Rakuten juga banyak rewardnya lho. Pas banget deh sama tagline dari Rakuten itu sendiri yaitu “Shopping is Entertainment”. Contoh reward yang diberikan Rakuten adalah Rakuten Super Point (100 Super Points senilai dengan Rp 100, yang dapat digunakan untuk produk di website selama pembelian berikutnya), lalu juga ada Rakuten Super Point 5x, dimana member (sign-up gratis) bisa mendapatkan potongan harga 5% dalam bentuk Rakuten Super Points untuk setiap pembelian – apapun, setiap hari, tanpa batasan jumlah potongan harga.

Yuk kita bahas dulu mengenai Rakuten Super Point (RBO). Nah coba deh lihat pada gambar. Sesuai dengan gambar dibawah, kalau kamu pengen dapet keuntungan dari Rakuten Super Point (RBO) ini, kamu harus jadi member terlebih dahulu.


Simple saja girls, kamu hanya perlu masuk menjadi member dan belanja di Rakuten seperti biasa. Ketika kamu sudah siap menyelesaikan pembayaran dengan total jumlah pembayaran, kamu akan mendapatkan point terus dapat menggunakan Point itu untuk pembelian. Dan poin ini hanya dapat di uangkan/digunakan di seluruh Rakuten website. Oh iya point ini tidak dapat diuangkan dalam bentuk tunai. dan juga tidak dapat digunakan oleh akun yang berbeda jadi pastikan kamu menggunakan akun yang benar saat  melakukan pembelian yaa !

Gimana sih caranya dapet point dari Rakuten Super Point ?

Jadi setelah menjadi member dan belanja di Rakuten, point akan dihitung dari 1% total belanja kita. Ini tidak termasuk biaya setelah pengiriman dan setelah dipotong diskon girls.


Lalu bagaimana caranya kamu bisa menukarkan point ?

Kamu bisa langsung menggunakan Super Point yang kamu punya saat melakukan pemesanan. Fitur ini hanya berlaku bagi pembelian anggota Rakuten Belanja Online dan tidak untuk pembelian dengan akun tamu. Pada saat pembayaran, tersedia pilihan “Gunakan Rakuten Super Point ke pesanan”. Jadi pilihan ini kamu pilih jika akan berbelanja menggunakan Rakuten Super Point.

Oh iya ada dua tipe pembayaran pakai point ini. Ada “Pembayaran Penuh dengan Super Poin” dan juga “Pembayaran Sebagian dengan Super Poin”.

1. Pembayaran penuh berlaku untuk pesanan di mana jumlah poin yang dimiliki oleh pelanggan lebih besar daripada total jumlah pembelian.
2. Pembayaran sebagian berlaku untuk pesanan di mana jumlah poin yang dimiliki pelanggan lebih kecil daripada total jumlah pembelian dan pelanggan harus membayar kekurangannya dengan metode pembayaran lainnya.
3. Menggunakan poin regular dan poin berbatas waktu. Berikut adalah urutan penggunaan poin >> Kumpulan poin yang mendekati tanggal kadaluarsa >> Kumpulan poin dengan tanggal kadaluarsa kedua terdekat>>Kumpulan poin dengan tanggal kadaluarsa terjauh (contoh: Poin regular yang berlaku selama 1 tahun).

Ada masa kadualuarsa nggak ya ?

Iya ada masa kadaluarsanya. Jadi untuk semua anggota Rakuten Belanja Online, point akan hangus dalam waktu 12 bulan sejak konfirmasi pesanan dilakukan kecuali kamu melakukan pembelian dalam jangka waktu tersebut. Jika kamu melakukan pembelian pada waktu tersebut maka semua poin yang belum terpakai akan berlaku 12 bulan semenjak pesanan baru dilakukan.

Nah baru-baru ini aku coba belanja di Rakuten. Aku coba cari nail sticker karena memang lagi istirahatin kuku dari gel nail / nail polish. Setelah dicari-cari eeh dapet deh nail sticker lucu dari Lakuku, kamu bisa cek nail sticker lucu di link berikut ini : LAKUKU NAIL STICKER . Oh iya harganya cuman Rp. 30.000 loh dan itu buat 10 kuku. Wah langsung deh borong banyak buat persedian nail sticker dirumah hihihi.

Karena aku udah jadi member di Rakuten dan pembelianku diatas Rp. 10.000 (minimal pembelian untuk mendapatkan point adalah Rp. 10.000), aku dapet tambahan point 1% x 30.000 = 300 point. 300 point berarti Rp. 300. Lumayan kan ? jadi semangat nih besok-besok borong di Rakuten biar dapet point yang banyak ! :D  Apalagi kalau ada promo Rakuten Super Point 5x. Promo ini bakal melipatgandakan point kamu yang tadinya 1% jadi 5%. Jadi lebih hemat deh buat shopping *HAPPY*

Biasanya apa sih yang ditakutin dari belanja online ? Pasti takut barang nggak sampe atau barang yang sampe di kita nggak sesuai dengan gambar. Nah kamu nggak perlu khawatir dengan 2 hal ini kalau kamu belanja di Rakuten. Kenapa ? Karena Rakuten menggunakan Escrow untuk sistem pembayaran. Cara kerjanya kira-kira hampir sama dengan Rekening Bersama atau Rekber yang biasa dipakai jual-beli di forum Kaskus. Jadi ketika kamu membayarkan uang, silakan ditunggu sampai barang sampai. Kalau sudah sampai dengan selamat di rumah, kemudian kamu bisa mengkonfirmasikannya melalui member area Rakuten Belanja Online kamu. Baru setelah kamu menerima barang, pihak penjual akan mendapatkan uang dari kamu. Uang kamu akan ditampung oleh pihak Rakuten sampai barang benar-benar terkirim.
In kalau belanja online adalah barang yang sampe nggak sesuai gambar. Nah masalah ini biasanya karena ada sistem PO (Pre Order) dimana gambar yang ada di situs online bukan gambar barang sebenernya. Tapi ini nggak berlaku di Rakuten. Semua barang-barang yang ada di Rakuten.co.id adalah barang yang nyata, jadi konsumen akan mendapatkan barang sesuai dengan apa yang mereka beli.

Pokoknya belanja di Rakuten itu praktis, terpercaya dan lebih hemat deh ! Oh iya satu lagi, fiturnya juga lengkap, jelas dan nggak ngebosenin. Kalau kamu sama-sama suka belanja di Rakuten, yuk share pengalaman kamuu ;)

SEE YOU ON MY NEXT POST!

Loves,




SASYACHI
Next Post Previous Post