Cari Bisnis Fingo Indonesia di Nias Barat Sumatera Utara

7 (Tujuh) Tips Dasar Memulai Bisnis Online sampai dengan Profit buat Pemula

https://www.siapsukses.net/wp-content/uploads/2018/08/Bisnis-Dropship-628x275.jpg

Memulai usaha online di internetdapat diasumsikan seperti praktek mengendarai sepeda. Pada awalnya mungkin Anda akan kesusahan, atau bahkan terjatuh. Namun sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu takut untuk mencoba lagi sampai mahir. Karena, mencapai keberhasilan memang tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Anda hanya perlu untuk mempraktekkannya. Baca juga: Fingo Market Place     

Beruntungnya, Anda hidup di era digital seperti saat ini karena semakin mudah untuk Anda mulai belajar usaha online di internet. Seperti belajar mengendarai sepeda, tentu Anda membutuhkan bantuan sebelumnya. Pertolongan ini bisa berupa mentoring dari senior, ataupun tutorial dari buku dan artikel di internet. Untuk menemukannya pun tidak lagi sulit berkat kecanggihan teknologi.

Saat ini, Anda dapat belajar cara membuka usaha online di internetdari berbagai sumber. Banyak artikel online yang membahas mengenai tips dan trik yang bisa dipraktekkan untuk dapat mengelola membuka usaha online di internet yang menguntungkan. Bahkan mungkin tips yang ada di internet terlalu banyak sehingga membuat Anda bingung. Hehehe..

Namun kini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini panduan terlengkap untuk belajar usaha online di internet bagi newbie yang disajikan sesederhana mungkin. 

 

1. Pelajari mekanisme bisnisdagang secara online

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum terjun ke usaha online di internet, maka Anda sebaiknya belajar seluk beluk dari usaha online di internet  terlebih dahulu. Hal pertama yang perlu Anda pelajari adalah definisi dari usaha online di internet itu sendiri. Pada dasarnya usaha online di internet dapat didefinisikan sebagai aktivitas penjualan, baik barang maupun jasa, yang dijalankan dengan memakai internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dari definisi tersebut dapat ditarik beberapa unsur utama yaitu perdagangan, barang atau jasa, dan internet. Saat ini, melakukan penjualan barang atau jasa melalui internet pun semakin mudah. Apabila dahulu para pedagang harus membuat sendiri situs websitenya masing-masing, maka kini hal itu menjadi opsional. Akan sangat baik apabila dilakukan, tetapi tidak menjadi masalah jika tidak. Banyaknya platform yang kini bisa digunakan secara free untuk memasarkan produk, membuat siapa saja bisa menjadi peusaha online di internet. Semua orang pun memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memulainya dari SEKARANG. Baca juga: Fingo Indonesia     

Dalam memulai usaha online di internet, ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu bentuk toko online Anda. Apakah Anda akan mendirikan website khusus untuk menjual suatu produk, atau Anda hanya menggunakan berbagai platform marketplace yang tersedia free, mengingat kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda yang telah mempersiapkan modal yang cukup, mungkin Anda bisa mendirikan website khusus. Namun apabila Anda baru memulai dengan modal yang minim, maka platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menjadi pilihan utama.

 

2. Siapkan mental

Selain mempersiapkan aspek teknis, Anda juga harus mempersiapkan aspek psikis, mengingat Andalah yang menentukan kesuksesan atau kegagalan toko. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memiliki berbagai kualitas yang dibutuhkan untuk mengelola usaha online di internet hingga berhasil.

Kualitas pertama adalah adanya semangat untuk belajar dan berkembang. Sebelum menjalankan usaha, tentu saja membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu. Tidak ada satupun pebisnis sukses di dunia ini yang turun ke pasar tanpa mengetahui medan. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha online di internet, maka sudah jelas bahwa Anda pun harus belajar usaha online di internet terlebih dahulu. Baca juga: Fingo Market Place     

Kualitas kedua adalah tidak mudah putus asa. Menjalankan sebuah usaha, baik itu usaha online di internet maupun usaha offline, tentu memiliki hambatannya masing-masing. Bukan tidak mungkin usaha yang Anda bangun akan minim minat pembeli. Bukan tidak mungkin bisnis Anda akan terganggu karena supplier produk Anda tiba-tiba tutup. Tantangan lainnya yang muncul adalah pesaing baru yang menawarkan produk yang lebih unggul. Ketiganya hanyalah sebagian contoh dari hal-hal yang kerap terjadi saat menjalankan sebuah usaha.

Kualitas ketiga yang harus Anda miliki adalah berani mengambil risiko. Tidak ada satu pun pebisnis sukses yang lari dari risiko. Memang ada bidang usaha yang sedikit risiko. Namun keuntungan yang didapatkan pun juga sedikit. Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa risiko berbanding lurus dengan keuntungan.

3. Pelajari kebutuhan pasar

Sebelum terjun ke dunia usaha online di internet, Anda juga perlu melakukan riset pasar. Lakukan riset mendalam bagaimana suatu pasar bekerja dan cari tahu kebutuhan pasar yang masih belum terpenuhi oleh pelaku pasar lainnya. Tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk dapat mengetahui kebutuhan pasar.

Cara pertama untuk mengetahui kebutuhan pasar adalah dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada pembeli. Cara ini memang sepertinya biasa saja namun percayalah bahwa ini merupakan cara yang paling mudah. Dengan mengajukan pertanyaan langsung ke pembeli Anda dapat tau masalah apa yang bisa Anda selesaikan dengan produk Anda. Baca juga: Fingo Market Place     

Cara kedua adalah dalam mencari kebutuhan itu adalah dengan menjadi pelanggan dari toko lain. Dengan berbelanja di toko lain Anda dapat mempelajari bagaimana pelayanannya dan bagaimana produknya. Apabila menurut Anda ada hal yang masih ada yang bisa ditingkatkan, di sana lah Anda harus berpikir lebih kreatif.

Saat ini, banyak pebisnis sukses yang bukan pencipta asli dari suatu produk, tetapi mampu menyajikan produk tersebut dengan lebih baik. Coba lihat saja Apple dan Samsung. Keduanya bukan lah pencipta smartphone, tapi keduanya mampu membuat smartphone yang jauh lebih keren dari produsen lainnya.

 

4. Pastikan jenis produk yang ingin dipasarkan

Setelah selesai menganalisa kebutuhan pasar, maka sudah saatnya Anda memikirkan produk apa yang akan Anda luncurkan ke pasaran. Setelah menemukan celah di dalam pasar, sebaiknya produk Anda adalah yang mampu menutup celah tersebut. Apabila ada kekurangan yang selama ini tidak tercukupi oleh produk lain, maka produk Anda harus mampu menutup kekurangan tersebut. Dengan demikian produk Anda dapat lebih cepat dikenal, sekaligus menjadi kebutuhan bagi konsumen.

Produk yang Anda jual juga harus disesuaikan dengan pasar apa yang ingin Anda geluti. Jadi, produk yang Anda tawarkan bisa berupa barang maupun jasa. Apapun produk yang ingin Anda pasarkan, ingat bahwa produk Anda harus berupa solusi yang mampu memudahkan hidup konsumen.

 

5. Bikin nama brand serta toko online yang mudah diingat

Setelah selesai menentukan produk apa yang ingin Anda tawarkan ke pasaran, saatnya untuk membuat toko online. Mendirikan toko online adalah langkah yang vital dalam tahapan usaha online di internet. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, Anda bisa mendirikan website khusus untuk menjual produk Anda, atau hanya memanfaatkan platform saja. Apabila Anda ingin menjual produk melalui toko online khusus, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Baca juga: Fingo Market Place     

Pertama, pertimbangkan dengan matang nama brand Anda. Nama brand Anda adalah identitas dari usaha online di internet Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda pikirkan dengan matang soal nama yang akan Anda pilih. Mengingat rebranding di tengah jalan tidaklah mudah dan murah.

Adapun dalam pemilihan nama, sebaiknya Anda pilih nama yang unik tetapi tidak terlalu sulit untuk ditulis dan diucapkan. Tidak perlu juga menggunakan kata-kata yang tidak umum. Sebab, apabila nama yang Anda pilih terlalu sulit untuk disebut dan ditulis, bagaimana mungkin orang lain dapat mengingatnya. Apabila tidak ada yang bisa mengingatnya maka tidak akan ada pula yang mampu mencari website toko Anda.

Kedua, bagaimana Anda akan mendirikan website Anda. Sejauh ini ada dua cara untuk mendirikan sebuah website, yaitu gratis dan berbayar. Website gratis artinya Anda menggunakan website blogging semacam Wordpress, Blogspot, atau Tumblr. Website gratis ini pada umumnya tidak bisa menampilkan hal-hal sebanyak dan seluwes website berbayar. Ada batasan-batasan tertentu yang hanya bisa hilang apabila Anda membayar sejumlah uang kepada penyedia layanan toko online gratis tersebut.

Apabila Anda hanya ingin mendirikan toko online yang berisi penjelasan dari produk, tanpa adanya fungsi toko, maka menggunakan penyedia layanan website gratis tidak akan jadi masalah. Di sisi lain, website berbayar artinya Anda harus membeli domain dan hosting buat website Anda terlebih dahulu. Sebelumnya ada baiknya untuk dijelaskan terlebih dahulu makna kedua istilah tersebut.

Domain adalah nama atau alamat dari toko online Anda. Apabila diibaratkan dengan rumah, domain adalah alamat dari rumah Anda. Misalnya seperti http://fingomall.com, http://joyrazeroasli.com, atau http://kerjamagang.com.

Jadi sebelum menetapkan suatu nama, periksa terlebih dahulu ketersediaan domain tersebut. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menuliskan nama yang Anda inginkan di mesin pencari saja. Apabila tidak ada hasil yang muncul, maka nama itu bisa Anda gunakan.

Sementara hosting adalah tempat untuk menyimpan segala konten website Anda. Umumnya hosting ini diukur dalam satuan megabyte, gigabyte, dan terabyte. Dalam memilih besaran hosting ini, sebaiknya Anda sesuaikan dengan modal dan jenis produk Anda. Sebab semakin tinggi besaran hosting yang Anda pilih, maka semakin mahal pula biaya berlangganannya.

Setelah Anda menentukan domain dan hosting yang Anda gunakan, maka Anda bisa membelinya dari penyedia layanan domain dan hosting. Kini caranya pun semakin praktis, bahkan bisa dilakukan secara online, tanpa perlu bertatap muka. Para penyedia layanan ini memiliki berbagai jenis produk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baca juga: Fingo Market Place     

Ketiga, perhatikan desain dari website Anda. Selayaknya toko fisik, website yang Anda dirikan pun harus memiliki tampilan yang menarik, namun tidak berlebihan. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak warna, cukup gunakan beberapa warna yang nyaman di mata. Font pun juga perlu diperhatikan. Tidak perlu yang bombastis, cukup gunakan font yang elegan dan mudah untuk dibaca. Perhatikan pula ukurannya, jangan terlalu kecil karena akan mengucilkan pembeli dari kalangan orang tua.

 

6. Persiapkan toko online di platform free

Selain mendirikan website, Anda bisa memilih platform sebagai toko online Anda. Saat ini pun tersedia berbagai platform yang bisa digunakan untuk memulai usaha online di internet. Anda bisa menggunakan platform media social maupun marketplace. Keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing.

Apabila Anda menggunakan platform media social sebagai toko online Anda, maka jumlah followers atau teman akan sangat berpengaruh. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar banyak pula yang mengetahui produk Anda. Untuk itu, Anda harus menciptakan citra yang baik di akun media sosial Anda.

Caranya dengan menyisipkan konten menarik, mengunggah testimoni dari para pelanggan yang puas, dan memperhatikan estetika dari gambar dan video yang Anda unggah. Anda juga bisa kolaborasi dengan akun lainnya untuk menjalankan campaign yang saling menguntungkan.

Anda bisa menggunakan fitur bisnis dari kedua platform tersebut. Dengan demikian, foto atau video produk yang Anda unggah akan lebih mudah dilihat oleh orang banyak karena tidak terpendam oleh foto dan video lainnya. Namun tentu saja fitur ini memiliki harga.

Apabila ada calon pembeli, mungkin ia akan menanyakan soal ketersediaan dan kondisi barang. Tapi untuk transaksi, semua dikendalikan oleh sistem. Anda hanya perlu menunggu notifikasi dari sistem bahwa pembayaran telah diterima. Setelah itu, baru Anda mengirimkan produk kepada pembeli. Sangat mudah, bukan?

 

7. Atur strategi pemasaran

Dalam belajar usaha online di internet, tentu saja juga harus belajar dasar-dasar ilmu pemasaran. Percuma apabila Anda punya produk yang baik namun tidak bisa dipasarkan dengan luas. Kesuksesan yang seharusnya bisa lebih cepat diraih pun akan menjadi lebih lama. Beruntung bagi Anda yang sudah memiliki gelar pendidikan di bidang pemasaran. Namun bagi Anda yang tidak memiliki latar belakan di bidang pemasaran tidak perlu berkecil hati karena selalu ada jalan untuk belajar.

Saat ini pun Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai tips memasarkan bisnis Anda secara online yang bisa diterapkan. Namun hal ini bergantung pada platform apa usaha online di internet Anda bergerak. Apabila usaha online di internet Anda berdiri di website khusus, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Penulisan artikel yang baik tentu saja harus memuat poin-poin kelebihan dari produk Anda sehingga mampu menarik minat dari calon pembeli. Faktor ketiga, pemasaran melalui media sosial. Meskipun Anda menggunakan website sebagai toko utama, namun Anda tetap wajib memiliki halaman media sosial. Gunanya adalah sebagai sarana promosi. Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi wajar apabila promosi gencar dilakukan di sosial media. Untuk melakukan promosi sosial media, tidak cukup hanya dengan mengunggah konten promosi di akun Anda. Anda juga bisa mengajak orang lain untuk berpartisipasi meningkatkan awareness pada brand Anda.

Dari tujuh tutorial di atas dapat disimpulkan bahwa belajar usaha online di internet tidaklah terlampau sulit, sepanjang diiringi keinginan yang kuat. Keterbukaan informasi seperti saat ini membuat siapapun bisa belajar mengenai apapun, termasuk usaha online di internet.

Lalu, apa yang sudah Anda lakukan?

 

========================================================================

Mau Punya Bisnis Toko Online Dropship Canggih Bertaraf Internasional Binaan Alibaba.com??

Next Post Previous Post