Cari Bisnis Toko Online Fingo Tanpa Modal di Deli Serdang Sumatera Utara

7 (Tujuh) Tutorial Mudah Membangun Bisnis Online di Internet sampai Sukses buat Orang Gaptek

https://www.tabloidpeluangusaha.com/wp-content/uploads/2019/03/kesalahan-menjalankan-bisnis-dropshipping.png

Membangun bisnis onlinedapat diasumsikan seperti halnya belajar menaiki sepeda. Pada awalnya mungkin Kalian akan kesulitan, atau bahkan terjatuh. Akan tetapi sebaiknya Kalian jangan khawatir dan jangan takut untuk mencoba lagi sampai mahir. Sebab, meraih kesuksesan memang tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Kalian hanya perlu untuk mempraktekkannya. Baca juga: Bisnis Online Dropship Fingo     

Beruntungnya, Kalian hidup di era internet seperti saat ini karena semakin mudah untuk Kalian mulai belajar bisnis online. Seperti belajar mengendarai sepeda, tentu Kalian membutuhkan bantuan sebelumnya. Pertolongan ini dapat berupa mentoring dari senior, ataupun panduan dari buku dan artikel di internet. Untuk menemukannya pun tidak lagi sulit berkat kecanggihan teknologi.

Saat ini, Kalian dapat belajar cara membuka bisnis onlinedari berbagai sumber. Banyak artikel online yang membahas mengenai tips dan trik yang dapat dipraktekkan untuk dapat mengelola membuka bisnis online yang berhasil. Bahkan mungkin trik yang ada di internet terlalu banyak sehingga membuat Kalian bingung. Hehehe..

Namun kini, Kalian tidak perlu bingung lagi karena berikut ini cara terlengkap untuk belajar bisnis online bagi newbie yang disajikan sesederhana mungkin. 

 

1. Pelajari mekanisme usaha secara online

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum menjalankan ke bisnis online, maka Kalian sebaiknya belajar seluk beluk dari bisnis online  terlebih dahulu. Pertama-tama yang perlu Kalian pelajari adalah arti dari bisnis online itu sendiri. Pada dasarnya bisnis online dapat didefinisikan sebagai aktivitas penjualan, baik barang maupun jasa, yang dijalankan dengan menggunakan internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dari arti tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu perdagangan, barang atau jasa, dan internet. Saat ini, melakukan penjualan barang atau jasa melalui internet pun semakin mudah. Apabila dahulu para pedagang harus membuat sendiri situs websitenya masing-masing, maka kini hal itu menjadi opsional. Akan sangat baik apabila dilakukan, namun tidak menjadi masalah jika tidak. Banyaknya platform yang kini bisa digunakan secara gratis untuk memasarkan produk, membuat siapa saja bisa menjadi pebisnis online. Semua orang pun memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memulainya dari SEKARANG. Baca juga: Bisnis Fingo Indonesia     

Dalam memulai bisnis online, ada hal yang perlu Kalian pedomani yaitu bentuk toko online Kalian. Apakah Kalian akan mendirikan website khusus untuk menjual suatu produk, atau Kalian hanya menggunakan berbagai platform marketplace yang tersedia gratis, mengingat kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Kalian yang telah mempersiapkan modal yang cukup, mungkin Kalian bisa mendirikan website khusus. Namun apabila Kalian baru memulai dengan modal yang minim, maka platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menjadi pilihan utama.

 

2. Siapkan mental

Selain mempersiapkan aspek teknis, Kalian juga harus mempersiapkan aspek psikis, mengingat Kalianlah yang menentukan kesuksesan atau kegagalan toko. Maka dari itu, Kalian sebaiknya memiliki berbagai kualitas yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis online hingga berhasil.

Kualitas pertama adalah adanya keinginan untuk belajar dan berkembang. Sebelum menjalankan bisnis, tentu saja membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu. Tidak ada satupun pebisnis sukses di dunia ini yang terjun ke pasar tanpa mengetahui medan. Bagi Kalian yang ingin terjun ke dunia bisnis online, maka sudah jelas bahwa Kalian pun harus belajar bisnis online terlebih dahulu. Baca juga: Bisnis Online Dropship Fingo     

Kualitas kedua adalah tidak mudah putus asa. Menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, tentu memiliki hambatannya masing-masing. Bukan tidak mungkin bisnis yang Kalian bangun akan minim minat pembeli. Bukan tidak mungkin bisnis Kalian akan terganggu karena supplier produk Kalian tiba-tiba tutup. Tantangan lainnya yang muncul adalah competitor baru yang menawarkan produk yang lebih baik. Ketiganya hanyalah sebagian contoh dari hal-hal yang mungkin terjadi saat menjalankan sebuah bisnis.

Kualitas ketiga yang harus Kalian miliki adalah berani beresiko. Tidak ada satu pun pebisnis sukses yang lari dari risiko. Memang ada bidang bisnis yang sedikit risiko. Tetapi profit yang didapatkan pun juga sedikit. Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa risiko berbanding lurus dengan keuntungan.

3. Pelajari kebutuhan pasar

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, Kalian juga perlu melakukan riset pasar. Lakukan riset mendalam bagaimana suatu pasar bekerja dan cari tahu kebutuhan pasar yang masih belum terpenuhi oleh pelaku pasar lainnya. Tidak perlu khawatir karena tersedia berbagai tips untuk dapat mengetahui kebutuhan pasar.

Cara pertama untuk mengetahui kebutuhan pasar adalah dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada pembeli. Cara ini memang sepertinya biasa saja tapi percayalah bahwa ini merupakan tips yang paling mudah. Dengan mengajukan pertanyaan langsung ke pembeli Kalian dapat tau masalah apa yang dapat Kalian selesaikan dengan produk Kalian. Baca juga: Bisnis Online Dropship Fingo     

Cara kedua adalah dalam mencari kebutuhan itu adalah dengan menjadi pelanggan dari toko lain. Dengan berbelanja di toko lain Kalian dapat mempelajari bagaimana pelayanannya dan bagaimana produknya. Apabila menurut Kalian ada hal yang masih ada yang bisa ditingkatkan, di sana lah Kalian harus berpikir lebih kreatif.

Saat ini, banyak pebisnis sukses yang bukan pencipta asli dari suatu produk, tetapi mampu menyajikan produk tersebut dengan lebih baik. Tengok saja Apple dan Samsung. Keduanya bukan lah pencipta smartphone, tapi keduanya mampu membuat smartphone yang jauh lebih baik dari produsen lainnya.

 

4. Tentukan jenis produk yang mau dipasarkan

Setelah selesai menganalisa kebutuhan pasar, maka sudah saatnya Kalian memikirkan produk apa yang akan Kalian luncurkan ke pasaran. Setelah menemukan celah di dalam pasar, sebaiknya produk Kalian adalah yang mampu menutup celah tersebut. Apabila ada kekurangan yang selama ini tidak terpenuhi oleh produk lain, maka produk Kalian harus mampu menutup kekurangan tersebut. Dengan demikian produk Kalian dapat lebih cepat dikenal, sekaligus menjadi penting bagi konsumen.

Produk yang Kalian jual juga harus disesuaikan dengan pasar apa yang ingin Kalian geluti. Jadi, produk yang Kalian tawarkan bisa berupa barang maupun jasa. Apapun produk yang ingin Kalian pasarkan, ingat bahwa produk Kalian harus berupa solusi yang mampu memudahkan hidup konsumen.

 

5. Bikin nama brand serta toko online yang mudah diingat

Setelah selesai menentukan produk apa yang ingin Kalian tawarkan ke pasaran, saatnya untuk mendirikan toko online. Mendirikan toko online adalah langkah yang vital dalam tahapan bisnis online. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, Kalian bisa mendirikan website khusus untuk menjual produk Kalian, atau hanya memanfaatkan platform saja. Apabila Kalian ingin menjual produk melalui toko online khusus, maka ada beberapa hal yang perlu Kalian perhatikan. Baca juga: Bisnis Online Dropship Fingo     

Pertama, pertimbangkan dengan matang nama brand Kalian. Nama brand Kalian adalah identitas dari bisnis online Kalian. Maka dari itu, sebaiknya Kalian pikirkan dengan matang soal nama yang akan Kalian pilih. Mengingat rebranding di tengah jalan tidaklah mudah dan murah.

Adapun dalam pemilihan nama, sebaiknya Kalian pilih nama yang unik namun tidak terlalu sulit untuk ditulis dan diucapkan. Tidak perlu juga menggunakan kata-kata yang tidak umum. Sebab, apabila nama yang Kalian pilih terlalu sulit untuk disebut dan ditulis, bagaimana mungkin orang lain dapat mengingatnya. Apabila tidak ada yang bisa mengingatnya maka tidak akan ada pula yang mampu mencari website toko Kalian.

Kedua, bagaimana Kalian akan mendirikan website Kalian. Sejauh ini ada dua cara untuk mendirikan sebuah website, yaitu gratis dan berbayar. Website gratis artinya Kalian menggunakan website blogging semacam Wordpress, Blogspot, atau Tumblr. Website gratisan ini pada umumnya tidak bisa menampilkan hal-hal sebanyak dan seluwes website berbayar. Ada batasan-batasan tertentu yang hanya bisa hilang apabila Kalian membayar sejumlah uang kepada penyedia layanan toko online gratis tersebut.

Apabila Kalian hanya ingin mendirikan toko online yang berisi penjelasan dari produk, tanpa adanya fungsi toko, maka menggunakan penyedia layanan website gratis tidak akan jadi masalah. Di sisi lain, website berbayar artinya Kalian harus membeli domain dan hosting buat website Kalian terlebih dahulu. Sebelumnya ada baiknya untuk dijelaskan terlebih dahulu makna kedua istilah tersebut.

Domain adalah nama atau alamat dari toko online Kalian. Apabila diibaratkan dengan rumah, domain adalah alamat dari rumah Kalian. Misalnya seperti http://fingomall.com, http://joyrazeroasli.com, atau http://kerjamagang.com.

Jadi sebelum menetapkan suatu nama, periksa terlebih dahulu ketersediaan domain tersebut. Caranya pun mudah, Kalian hanya perlu menuliskan nama yang Kalian inginkan di mesin pencari saja. Apabila tidak ada hasil yang muncul, maka nama itu bisa Kalian gunakan.

Sementara hosting adalah tempat untuk menyimpan segala konten website Kalian. Umumnya hosting ini diukur dalam satuan megabyte, gigabyte, dan terabyte. Dalam memilih besaran hosting ini, sebaiknya Kalian sesuaikan dengan modal dan jenis produk Kalian. Sebab semakin tinggi besaran hosting yang Kalian pilih, maka semakin mahal pula biaya berlangganannya.

Setelah Kalian menentukan domain dan hosting yang Kalian gunakan, maka Kalian bisa membelinya dari penyedia layanan domain dan hosting. Kini caranya pun semakin praktis, bahkan bisa dilakukan secara online, tanpa perlu bertatap muka. Para penyedia layanan ini memiliki berbagai jenis produk yang bisa Kalian sesuaikan dengan kebutuhan Kalian. Baca juga: Bisnis Online Dropship Fingo     

Ketiga, perhatikan desain dari website Kalian. Selayaknya toko fisik, website yang Kalian dirikan pun harus memiliki tampilan yang menarik, namun tidak berlebihan. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak warna, cukup gunakan beberapa warna yang nyaman di mata. Font pun juga perlu diperhatikan. Tidak perlu yang bombastis, cukup gunakan font yang elegan dan mudah untuk dibaca. Perhatikan pula ukurannya, jangan terlalu kecil karena akan mengucilkan pembeli dari kalangan orang tua.

 

6. Bikin toko online di platform gratis

Selain mendirikan website, Kalian bisa memilih platform sebagai toko online Kalian. Saat ini pun tersedia berbagai platform yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online. Kalian bisa menggunakan platform media social maupun marketplace. Keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing.

Apabila Kalian menggunakan platform media social sebagai toko online Kalian, maka jumlah followers atau teman akan sangat berpengaruh. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar banyak pula yang mengetahui produk Kalian. Untuk itu, Kalian harus menciptakan citra yang baik di akun media sosial Kalian.

Caranya dengan menyisipkan konten menarik, mengunggah testimoni dari para pelanggan yang puas, dan memperhatikan estetika dari gambar dan video yang Kalian unggah. Kalian juga bisa kolaborasi dengan akun lainnya untuk menjalankan campaign yang saling menguntungkan.

Kalian bisa menggunakan fitur bisnis dari kedua platform tersebut. Dengan demikian, foto atau video produk yang Kalian unggah akan lebih mudah dilihat oleh orang banyak karena tidak terpendam oleh foto dan video lainnya. Namun tentu saja fitur ini memiliki harga.

Jika ada calon pembeli, mungkin ia akan menanyakan soal ketersediaan dan kondisi barang. Tapi untuk transaksi, semua dikendalikan oleh sistem. Kalian hanya perlu menunggu notifikasi dari sistem bahwa pembayaran telah diterima. Setelah itu, baru Kalian mengirimkan produk kepada pembeli. Sangat mudah, bukan?

 

7. Atur strategi pemasaran

Dalam belajar bisnis online, tentu saja juga harus belajar dasar-dasar ilmu pemasaran. Percuma apabila Kalian punya produk yang baik namun tidak bisa dipasarkan dengan luas. Kesuksesan yang seharusnya bisa lebih cepat diraih pun akan menjadi lebih lama. Beruntung bagi Kalian yang sudah memiliki gelar pendidikan di bidang pemasaran. Namun bagi Kalian yang tidak memiliki latar belakan di bidang pemasaran tidak perlu berkecil hati karena selalu ada jalan untuk belajar.

Saat ini pun Kalian dapat dengan mudah menemukan berbagai tips memasarkan bisnis Kalian secara online yang bisa diterapkan. Namun hal ini bergantung pada platform apa bisnis online Kalian bergerak. Apabila bisnis online Kalian berdiri di website khusus, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Penulisan artikel yang baik tentu saja harus memuat poin-poin kelebihan dari produk Kalian sehingga mampu menarik minat dari calon pembeli. Faktor ketiga, pemasaran melalui media sosial. Meskipun Kalian menggunakan website sebagai toko utama, namun Kalian tetap wajib memiliki halaman media sosial. Gunanya adalah sebagai sarana promosi. Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi wajar apabila promosi gencar dilakukan di sosial media. Untuk melakukan promosi sosial media, tidak cukup hanya dengan mengunggah konten promosi di akun Kalian. Kalian juga bisa mengajak orang lain untuk berpartisipasi meningkatkan awareness pada brand Kalian.

Dari tujuh tutorial di atas dapat disimpulkan bahwa belajar bisnis online tidaklah terlampau sulit, sepanjang diiringi keinginan yang kuat. Keterbukaan informasi seperti saat ini membuat siapapun bisa belajar mengenai apapun, termasuk bisnis online.

Dan, apa yang akan Kalian kerjakan?

 

========================================================================

Mau Punya Bisnis Toko Online Dropship Canggih Bertaraf Internasional Binaan Alibaba.com??

Next Post Previous Post