Kemendikbud Tetap Bina LPTK untuk Lahirkan Guru yang Hebat

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) tetap akan melakukan pembinaan terhadap Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang tidak kredibel.

"Memang LPTK yang bagus tidak lebih dari 100 buah yang didasarkan atas prosentase program studi yang terakreditasi A dan B,"kata Direktur Pendidik dan Kependidikan (Diktendik) Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud,Supriyadi Rustad ketika dihubungi Media Indonesia, Kamis (4/7).

Ia menyatakan Kemendikbud menginginkan LPTK yang bermutu sehingga menghasilkan guru yang hebat.

Sebelumnya,pada acara Semiloka Menyiapkan Guru Masa Depan, Supriyadi Rustad selaku penyelenggara semiloka mengemukakan saat ini terdapat 415 LPTK negeri dan swasta. Dari jumlah tersebut hanya beberapa LPTK yang memenuhi standar yang baik. Misalnya,memiliki asrama, dan memiliki sekolah laboratorium.

Kendati masih banyak yang belum memenuhi standar, kata Supriadi, hingga saat ini tidak ada wacana untuk menutup LPTK-LPTK itu.

Mengutip situs www.kemdikbud.go.id, Supriadi menyatakan justru pembinaan terhadap LPTK akan terus dilakukan agar tercapai hasil optimal. Hal itu disebabkan jumlah LPTK yang sudah terlalu banyak maka saat ini sedang dilakukan moratorium pembangunan LPTK baru. "Jadi yang bisa dibina kita bina, yang tidak bisa juga terus dibina,"cetusnya.

LPTK yang tidak kredibel dan tidak memenuhi standar Kemendikbud, lanjut Supriyadi, tidak mungkin langsung dicabut izin operasionalnya. Hal yang bisa dilakukan adalah terus melakukan pembinaan terhadap LPTK-LPTK tersebut. "Intinya kita akan menjadikan LPTK sebagai lembaga pendidikan guru berkualitas,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah,Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso menegaskan terhadap LPTK yang belum kredibel akan dipaksa memenuhi standar. "Kita paksa LPTK itu dapat memenuhi delapan standar pendidikan," pungkasnya singkat. (Syarief Oebaidillah)

_____________
*http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/04/3/165910/Kemendikbud-Tetap-Bina-LPTK-untuk-Lahirkan-Guru-yang-Hebat
Next Post Previous Post