Ebook Novel [Sad Cypress] Oleh Agatha Christie

Sad Cypress

Agatha Christie

Sad Cypress
  • PDF
  • 234
  • 2 May 1938
  • Mystery, Crime, Detective
Elinor Carlisle dan Roddy Welman bertunangan untuk menikah ketika dia menerima surat anonim yang mengklaim bahwa seseorang "menghisap" bibinya yang kaya, Laura Welman, dari siapa Elinor dan Roddy berharap untuk mewarisi kekayaan yang cukup besar. Elinor adalah keponakan Nyonya Welman, sementara Roddy adalah keponakan dari mendiang suaminya.

Elinor mencurigai Mary Gerrard sebagai topik surat anonim, putri pemilik penginapan, yang disukai dan didukung oleh bibi mereka. Tidak ada yang menebak siapa yang menulis surat itu, yang dibakar. Mereka mengunjungi bibi mereka di Hunterbury. Roddy melihat Mary Gerrard untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Nyonya Welman lumpuh sebagian karena stroke dan tidak suka hidup seperti itu.

Dia memberi tahu dokternya, Peter Lord dan keponakannya, betapa dia tidak suka hidup tanpa kesehatan penuh, berharap dokter itu bisa mengakhiri rasa sakitnya, yang dia tolak. Roddy jatuh cinta pada Mary; ini memprovokasi Elinor untuk mengakhiri pertunangan mereka. Setelah stroke kedua, Nyonya Welman meminta Elinor untuk menyediakan persediaan untuk Mary.

Elinor berasumsi ada keinginan bibinya ingin diubah. Nyonya Welman meninggal sebelum Elinor dapat menghubungi pengacara. Tidak ada kemauan. Dia meninggal dalam wasiat, jadi tanah miliknya yang besar pergi ke Elinor langsung sebagai satu-satunya kerabat darah yang masih hidup.


[Daftar Ebook Terbaik] - Sad Cypress (Mawar Tak Berduri) adalah novel fiksi detektif karya penulis Inggris Agatha Christie, pertama kali diterbitkan di Inggris oleh Collins Crime Club pada Maret 1940 dan di AS oleh Dodd, Mead and Company di tahun yang sama.

Sad Cypress bahasa Indonesia ini adalah novel pertama dalam seri Poirot yang ditetapkan setidaknya sebagian di ruang sidang, dengan pengacara dan saksi yang mengungkap fakta yang mendasari solusi Poirot untuk kejahatan tersebut. Judul ini diambil dari sebuah lagu dalam drama Shakespeare Twelfth Night.

Novel ini diterima dengan baik di publikasi. Salah satu pengulas berkomentar "ditulis secara ekonomis, petunjuk diletakkan di depan pembaca dengan keadilan yang sempurna, ikan haring merah diletakkan dengan cekatan dan solusinya akan menyebabkan banyak pembaca menendang diri mereka sendiri." Peninjau lain menemukan bahwa cerita tersebut diceritakan dengan baik, tetapi tidak suka bahwa plotnya "menghidupkan titik hukum" yang disalahpahami. Sebuah tinjauan kemudian menggambarkannya sebagai "Elegiac, lebih melibatkan secara emosional daripada biasanya di Christie, tetapi kecerdikan dan petunjuk yang luar biasa menempatkannya di antara yang terbaik dari judul klasik."

Dalam The New York Times Book Review 15 September 1940, Kay Irvin menyimpulkan, "Para pemeran tokohnya kecil, drama ini dibangun dengan semua keterampilan ekonomis dan pasti penulis ini. Sad Cypress bukanlah yang terbaik dari pencapaian Christie, tetapi itu lebih baik daripada rata-rata film thriller pada setiap hitungan."

Dalam meninjau beberapa novel kriminal dalam terbitan The Observer pada 10 Maret 1940, Maurice Richardson memulai, "Minggu kejahatan luar biasa. Tidak hanya Agatha Christie yang bersinar dengan gagah berani di atas takhtanya, tetapi para abdi dalem telah membuat susunan artistik yang rapi dari mayat secara naik turun. langkah langkah." Berkonsentrasi pada Sad Cypress secara khusus, Richardson menyimpulkan, "Karakterisasi sangat cemerlang seperti biasanya. Bahkan, Agatha Christie telah melakukannya lagi, dan hanya itu yang perlu Anda ketahui."

Ulasan The Scotsman dalam edisi 11 Maret 1940 menyimpulkan, "Sad Cypress lebih lambat dan kurang cerdik dari cerita Nyonya Christie biasanya, dan penjelasan penutupnya terlalu lama. Tapi itu hanya dengan mengacu pada tingkat tinggi Nyonya Christie sendiri yang membuatnya. tampaknya lebih rendah. Menurut standar fiksi detektif biasa, ini adalah kisah yang menarik dan terkait dengan keahlian."

ER Punshon dalam terbitan The Guardian tanggal 2 April 1940 menyimpulkan, "Kisah ini diceritakan dengan semua dan lebih banyak lagi tentang keterampilan dan ekonomi efek Nyonya Christie yang sudah terbiasa, tetapi sangat disayangkan bahwa plot tersebut mengubah titik hukum yang sudah dikenal semua orang. begitu salah paham sehingga banyak pembaca akan merasa bahwa kisah itu dirampas masuk akal."

Robert Barnard menganggap novel ini sebagai "Variasi pada tema segitiga yang biasa dan satu-satunya saat Christie menggunakan taktik wanita cantik di dermaga yang dituduh melakukan pembunuhan." Komentarnya tentang itu sangat positif, menyebutnya "Elegiac, lebih melibatkan secara emosional daripada biasanya di Christie, tetapi kecerdikan dan petunjuk yang luar biasa menempatkannya di antara yang terbaik dari judul klasik. Pengetahuannya tentang racun baik untuk kedepan, tetapi amatir juga akan mendapat manfaat dari pengetahuan tentang hortikultura dan keterampilan dalam membaca dekat."
Next Post Previous Post