Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode

Cara Mengaktifkan Mode Gelap



Dark Mode atau yang biasa dikenal sebagai mode gelap merupakan sebuah tampilan halaman web maupun halaman suatu aplikasi yang berwarna agak hitam atau gelap. Mengapa bisa disebut mode gelap? karena sesuai dengan namanya, "mode gelap" yang berarti sebuah tampilan halaman web atau aplikasi tersebut seperti pada keadaan malam hari yaitu gelap.

Baru baru ini ada banyak sekali aplikasi maupun website yang menawarkan fitur mode gelap untuk memikat para pengguna atau pengunjung mereka. Beberapa aplikasi atau website yang kini telah menggunakan mode gelap antara lain whatsapp, instagram, facebook lite, google chrome dan lain sebagainya.

Jika kita berbicara mengenai mode gelap, sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat dari mode gelap ini? Yuk, mari kita bahas bersama-sama.

Sebenarnya ada banyak sekali fungsi dan manfaat dari mode gelap yang tidak kita sadari antara lain sebagai berikut.

  • Nyaman digunakan
  • Tidak Silau
  • Tidak mudah bosan
  • Membuat tampilan halaman web maupun aplikasi menjadi lebih menarik
  • Mengurangi radiasi
  • Menghemat Daya Batterai
  • dan masih banyak lagi.

Sekarang apakah kalian sudah mulai bisa menjabarkan sendiri manfaat lain dari mode gelap ini? saya rasa pasti kalian sudah bisa. Bagaiamana sobat, sudah mulai penasarankah kalian dengan pembahasan selanjutnya?

Baiklah, sekarang sudah saatnya kita bahas materi tentang cara mengaktifkan mode gelap. Namun agar artikel tutorial ini bisa kalian pelajari dan serap ilmunya dengan baik, berikut ini saya berikan daftar isi dari artikel ini.


  • Cara Mengaktifkan Mode Gelap  Pada Google Chrome
  • Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Google PlayStore
  • Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Facebook Lite
  • Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada WhatsApp
  • Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Instagram


Sekarang kita akan mulai membahas pokok pembahasan diatas satu persatu agar kalian bisa mempraktekkannya dengan mudah.


Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Google Chrome


Materi pertama yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara mengaktifkan mode gelap pada google chrome. Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya para pengguna smartphone android memiliki aplikasi google chrome sebagai mesin pencarinya. Contoh sederhananya saja adalah saya sendiri. Saya memakai ponsel android bermerk Oppo Neo 7 dan sudah tertanam aplikasi google chrome pada saat saya membelinya di konter hp. 

Hampir setiap hari saya selalu membuka laman google untuk mencari informasi baik itu berita maupun artikel tentang tutorial. Namun, karena terlalu sering menggunakan tampilan default google saya semakin lama merasa agak bosan dan juga kurang nyaman, Alhasil, saya coba mengotak-atik aplikasi google chrome dengan tujuan untuk mengatasi rasa bosan terhadap tampilan default yang dimilikinya. 

Pada akhirnya saya menemukan suatu cara agar tidak cepat bosan saat menggunakan google untuk mencari informasi yaitu dengan merubah tampilan google menjadi mode gelap atau yang biasa kita sebut dark mode.

Mungkin apa yang telah saya alami ini, juga kalian rasakan saat menggunakan google untuk mencari artikel. Oleh sebab itu, berikut ini saya akan bagikan artikel tutorial tentang bagaimana caranya mengaktifkan mode gelap atau dark mode di google chrome pada smartphone android. Berikut langkah-langkahnya.


Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada Google Chrome

  • Buka aplikasi google chrome kalian (Android)
  • Tekan tanda titik tiga di bagian kanan atas kemudian akan muncul menu drop down
  • Silahkan Kalian pilih setelan
  • Langkah selanjutnya silahkan scroll ke bawah dan pilih tema
  • Terakhir silahkan pilih gelap

Bagaimana, sangat mudah dan simpel bukan? Tentu saja. Perlu kalian ketahui bahwa mungkin jika kalian mengetikkan kata kunci "cara mengaktifkan mode gelap pada google chrome" akan muncul banyak sekali blog lain yang mengulas artikel tersebut namun tidak ada salahnya jika kalian belajar dari blog ini karena materi yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. 

Sekarang jika kalian sudah bisa mempraktekkan tutorial diatas mari kita lanjutkan pada artikel tutorial yang berikutnya.


Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Google PlayStore


Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan, saya ingin bertanya kepada kalian. Apakah jenis ponsel yang kalian gunakan? Apakah android, iphone, atau bahkan masih java? Jika jawaban kalian android maka tutorial ini bisa kita lanjutkan. Namun apabila jawaban kalian bukan android maka sebaiknya tutorial ini tidak kita lanjutkan.

Oke baiklah, mari kita lanjutkan kembali pembahasannya. Ketika kalian ingin menginstal suatu aplikasi android, dimanakah kalian akan mendownloadnya? Pasti goole playstore bukan. Nah, ketikan kalian sedang membuka playstore, apa tampilan default dari google playstore tersebut? putih dan terang adalah jawabannya. Sekarang yang menjadi pertanyaan saya, bosankah kalian menggunakan tampilan default tersebut?

Jika saya menjadi kalian maka saya akan menjawab dengan lantang, bosannnnnnnnn.......... Nah, untuk mengatasi rasa bosan kalian terhadap tampilan default dari google playstore, berikut saya kasih tips cara mengaktifkan mode gelap pada playstore. Berikut langkah-langkahnya.


Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada Google PlayStore


  • Buka aplikasi google Playstore kalian
  • Klik 3 garis horizontal yang berada pada bagian kiri atas
  • Setelah itu pilih setelan
  • Kemudian Pilih Tema
  • Terakhir Pilih Gelap

Mudah sekali bukan? Saya rasa tutorial diatas pasti bisa kalian praktekkan sendiri dengan sangat baik. Sekarang aplikasi google playstore kalian sudah tidak membosankan lagi dan kalian bisa mendownload aplikasi maupun game android dengan nyaman.

Sekarang mari kita lanjutkan lagi pada tutorial yang berikutnya yaitu tentang bagaimana caranya mengaktifkan mode gelap pada facebook. Berikut ulasannya.


Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Facebook Lite


Pembahasan kita yang berikutnya adalah cara mengaktifkan mode gelap pada facebook lite. Perlu kalian ketahui bahwa, jika kalian menggunakan facebook versi yang biasa maka kalian jangan berharap bisa mengaktifkan mode gelap ini karena mode gelap hanya berlaku pada facebook lite saja.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang saat ini telah populer dan digunakan oleh orang  banyak hampir diseluruh dunia. Setiap harinya ada lebih dari seratus ribu orang membuka dan menggunakan facebook. Entah hanya untuk melihat postingan teman maupun membuat postingan sendiri.

Sekarang mari kita bahas bersama-sama bagaimana cara mengaktifkan mode gelap pada facebook. Berikut ini langkah-langkahnya.


Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada Facebook Lite

  • Langkah pertama silahkan kalian buka aplikasi facebook lite
  • Kemudian silahkan klik menu 3 garis horizontal yang berada pada bagian kanan atas
  • Setelah itu akan muncul menu dropdown
  • Terakhir Scroll kebawah dan pilih tema gelap

Sekarang kalian sudah bisa menggunakan facebook dark mode atau mode gelap dan tidak akan silau lagi. Setelah kalian berhasil mengaktifkan mode gelap ini jangan lupa untuk dipamerkan kepada teman yang lainnya agar mereka juga terpancing untuk menggunakan facebook mode gelap juga.

Baiklah sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan yang selanjutnya yaitu bagaimana cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode pada whatsapp. Silahkan simak ulasan berikut ini.


Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada WhatsApp


Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan inti, saya ingin bertanya kepada kalian semua. Apakah kalian pengguna whatsapp? Jika iya maka tutorial ini sangat cocok untuk kalian. Mengapa demikian? Karena artikel ini merupakan kabar baik bagi pengguna whatsapp. Jika biasanya kita hanya bisa menggunakan whatsapp dalam mode terang saja maka kali ini kita bisa menggunakan tema whatsapp dalam mode gelap atau dark mode.

Lalu, bukankah sudah ada artikel dari blog lain yang membahas topik ini? Ya memang sudah ada. Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak ada salahnya jika kita juga membahas topik yang sama namun dengan gaya bahasa yang lebih ringan dan mudah dipahami. Sehingga diharapkan nantinya apabila kalian sudah membaca artikel ini, bisa mempraktekkannya sendiri di hp kalian dengan mudah.

Untuk menghemat waktu kalian dalam membaca, silahkan simak langkah-langkah berikut ini dengan baik.


Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp


  • Buka aplikasi whatsapp kalian
  • Klik pada garis titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Setelah itu akan muncul menu drop down
  • Silahkan kalian pilih setelan
  • Kemudian silahkan pilih Chat
  • Lalu pilih Tema
  • Terakhir pilih Gelap
  • Apabila kalian ingin mengembalikann tema tersebut dalam mode terang tinggal di choose saja bagian terang.


Catatan : Apabila kalian masih menggunakan whatsapp versi lama silahkan diperbarui terlebih dahulu ke versi yang terbaru, karena menu tema tidak akan tersedia pada aplikasi whatsapp versi lama.

Sekarang kalian sudah tidak akan merasa bosan lagi menggunakan aplikasi chatting yang satu ini. Selain itu penggunaan daya batterai kalian tidak akan cepat boros.

Baiklah mari kita lanjutkan ke pembahasan yang berikutnya yaitu tentang bagaiaman caranya mengaktifkan mode gelap pada instagram. Berikut ulasannya.


Cara mengaktifkan mode gelap pada Instagram


Pembahasan kita yang terakhir adalah tentang bagaimana caranya mengaktifkan mode gelap pada aplikasi instagram di smarphone android. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, saya ingin bertanya kepada kalian semua. Seberapa sering kalian membuka dan menggunakan aplikasi ini? Jika jawaban kalian adalah setiap hari, maka siap-siap tidak akan lama lagi mata kalian bisa-bisa menjadi minus.

Untuk mencegah dan menghindari efek mengerikan tersebut, saya ingin sedikit berbagi tips kepada kalian bagaimana cara mengatasinya. Salah satu cara mengatasi efek mengerikan tersebut adalah dengan mengaktifkan mode gelap.

Mode gelap atu night mode pada instagram bisa diaktifkan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Jangan lupa disimak dengan baik gaes...


Langkah-langkah mengaktifkan mode gelap pada Instagram


  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi instagram di smartphone android kalian
  • Selanjutnya, Klik menu setting
  • Terakhir pilih night mode.

Catatan: Untuk bisa mengaktifkan mode gelap ini, smartphone android kalian harus menggunakan sistem operasi versi 10. Sedangkan apabila sistem operasi android kalian masih dibawah 10 maka belum bisa digunakan untuk mengaktifkan mode gelap ini.

Bagaimana gaes, kalian sudah lelah membacanya? Baiklah jika kalian sudah mulai lelah membacanya makaartikel kita kali ini akan kita sudahi dulu sampai disini dan akan kita lanjutkan pada judul artikel yang lain. Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada kalian yang sudah berhasil mengaplikasikan tutorial ini dan terimakasih telah berkunjung.
Next Post Previous Post