TIPS FOR FIRST TIMER IN SEOUL : WHERE TO EAT, STAY AND PLAY


Seoul is a city that has a variety of charisma to offer. It is a place where both traditional and modern architecture meets, where every other neighborhood offers a beautiful landscape. Thats why, i always going back to Seoul, maybe its about 10 times!? i know its crazy right? Korea will always be a special place for me, I always miss how comfy and lovely Seoul! I can say that Seoul is like my second home because i know i will going back again and again lol

Well, karena banyak banget yang nanya tentang Korea, akhirnya aku menulis sedikit info yang aku yakin (semoga) bisa jadi panduan buat kalian yang mau pergi ke Seoul buat liburan! Tapi kalo kalian mau tetap tanya-tanya soal Travelling ke Korea atau mau menambahkan tips yang belom ada disini bisa juga kok, komen di bawah aja ya! :)

1. Cara apply visa Korea gimana sih?

Sejauh ini, aku selalu apply visa Korea sendiri, bahkan aku dapet Visa Korea 5 tahun. Aku enggak pernah pakai jasa tour atau calo untuk apply visa. Menurutku apply visa bisa menjadi pembelajaran juga. Contoh : Bersabar ketika pas udah sampe depan loket ternyata dokumen harus dibalikin lagi karena kurang lengkap. Nah, supaya enggak terjadi seperti itu aku kasih tips nya dibawah ini.

Dokumen yang harus disiapkan :

- Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
- Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
- Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
- Surat Keterangan Kerja
- Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah (minta ke sekolah atau tempat kuliah, biasanya sekolah sudah tau kalo mau apply visa)
- Fotokopi Bukti Keuangan, Sebaiknya rekening koran tabungan dan slip gaji terakhir

Oya, buat yang nanya "minimal rekening di tabungan berapa kak?" kalo aku saranin 10.000.000 perbulan, Jadi misalnya mau berangkat bulan mei : 10jt di bulan februari, 10jt di bulan maret, 10jt dibulan april. Karena dari beberapa yang aku dengar mesti 50.000.000,- tapi nyatanya enggak sampe segitu kok!

NOTE : Buat yang masih bersekolah, bisa menggunakan rekening tabungan orang tua, dan jika kalian TIDAK berpergian dengan orang tua (hanya dengan teman) kalian harus mencantumkan surat ijin orang tua yang menyatakan kalian di bolehkan pergi dengan ttd materai 6000.

2. Seoul Metro (Subway) will be your BESTFRIEND!

Kenapa aku bisa bilang Seoul Metro bakalan jadi teman baik mu? Karena kamu akan SE-LA-LU menggunakan ini untuk berpergian. Bahkan ketika sampai Incheon dan kamu ingin pergi ke guesthouse atau ke Kotanya, kamu pasti akan menggunakan Subway.

Susah enggak sih? Jawabannya TIDAK! The Seoul Subway system is easy to use, very helpful to see a great city, vry clean and safe of course! Hands down one of the most user-friendly subway systems I've ever tried. 

Hal pertama ketika kamu sampai di Incheon, kamu harus membeli T-Money di Seven Eleven! Sebenernya kamu bisa beli single journey, tapi kalo aku pribadi lebih suka punya T-Money karena enggak ribet buat beli single journey tiap mau jalan. Dan kedua, kamu bisa download applikasi ini (klik gambar dibawah ini) Kamu tinggal ganti negara yang kamu mau :)


3. Kak, Mendingan Guesthouse / Hostel / Hotel?

Balik lagi ini sesuai dengan budget kamu. Kalo aku pribadi lebih seneng sewa airbnb atau guesthouse khusus cewek. Toh, aku bakalan pergi dari pagi dan pulang hingga malam, i mean gak stay seharian di kamar, jadi berasa rugi kalo bayar penginapan mahal. Tul??!!

10x ke Korea aku beberapa kali ganti guesthouse dan airbnb, tapi ujungnya balik lagi ke guesthouse lama atau apartment lama karena ternyata lebih enak hehe. Hal pertama yang aku lihat saat cari penginapan di Seoul adalah aku selalu cari penginapan di AREX line (Hongik University area / Digital Media City Area / Seoul Station Area ). Kenapa?? Hal ini memudahkan kita untuk menggunakan AREX line saat kita mau pulang ke Incheon Airport. Enggak perlu transfer, tinggal duduk manis aja sudah sampai airport :) Dan dibawah ini merupakan rekomendasi ku buat kalian, tinggal sesuaiin budget aja ye! 

1. Nanu Pink Female Guesthouse : https://www.airbnb.com/rooms/4608182

Kedua penginapan ini merupakan tempat yang sangat mudah di akses. Penginapannya pun dekat sekali dengan station :)

4. SORRY, NO ENGLISH!

Kalo ada yang nanya "Kak, bisa bahasa Korea ya?" / "Kak di Korea gimana cara ngobrolnya?" hahaha. Kadang aku suka depresi juga kok kalo mau nanya sesuatu tapi susah, karena MOSTLY KOREAN CAN'T SPEAK ENGLISH! Kalo lagi hoki ketemu Korean yang bisa bahasa inggris sih enak bangett ngett ngett! Buat beli makanan cepat saji, kalian tinggal tunjuk nomor yang ada di menu hihihi

Jangan terlalu berharap banyak untuk dapat bantuan di Korea, karena orangnya tidak terlalu ramah. I mean, gimana ya? Mungkin karena mereka tidak bisa bahasa inggris, jadi kalo ditanya orang asing takut duluan dan buru-buru pergi. Beda banget dengan orang Jepang yang sih berusaha buat bantu meskipun engga bisa bahasa inggris jugak hihihi

5. Bawa uang jajan berapa sih kalo kesana?

Nah, ini juga tergantung dari kalian sendiri. Kalo memang niatnya mau belanja bisa bawa lebih. Kalo memang tujuannya buat jalan-jalan saja 3.500.000 seminggu cukup kok! (buat makan, T-Money, jajan street food, susu banana dan liptint gemes atau masker lucyu) NOTE : TIDAK TERMASUK BIAYA PENGINAPAN YA!

6. Enaknya naik pesawat apa ya?

Kalo ditanya enak, Korean Air menurutku nyaman banget! Mostly aku pake Korean Air (kalo lagi banyak duit lololol) tapi kalo pake uang sendiri aku selalu menggunakan GARUDA INDONESIA. Untuk biayanya sendiri Garuda Indonesia JAKARTA - SEOUL itu sekitar IDR 6.000.000 (PULANG PERGI).

7. Makanan halal ada gak sih di Korea?

Hmm, pertanyaan ini sangat sulit untuk dijawab. Bagi sebagian orang muslim pasti mikirin banget ke-halal-an makanan di Korea, but sorry to say di Korea susah banget cari makanan halal. ADA SIH ADA! Ada beberapa di Itaewon, tapi lumayan agak susah ya kalo makan siang malam harus bolak balik ke Itaewon. Kalo aku pribadi enggak terlalu yang muluk-muluk, makanan halal emang susah banget dicarinya, tapi kalo aku biasanya hanya makan di restoran yang hanya menjual ayam / daging sapi saja (tidak di campur dengan babi), jadi biasanya kalo ada jual babi aku enggak akan makan di restoran tersebut :) well, ini balik lagi ke kalian masing-masing ya. Bawa bekal dari Jakarta juga oke kok :)

8. Kak, Mendingan sewa portable Wifi atau beli Sim Card?

Beberapa tahun lalu aku selalu aktifin roaming, 500.000 (unlimited) buat 7 hari. Tapi sekarang telkomsel pelit banget! Di batesin pake kuota dan jadi berasa mahal banget hahah. Akhirnya aku beberapa belakangan ini selalu sewa portable wifi, kemarin aku sewa untuk 12 hari sekitar $119. Untuk pick up nya gampang kok di Incheon Airport juga, balikinnya juga di Incheon. Biasanya aku sewa portable wifi disini -> POCKET WIFI KOREA

9. Rekomen tempat yang harus di kunjungi dong!

Sebenernya, kamu bisa eksplore Seoul karena memang buanyak banget tempat yang bisa kamu kunjungi. Di bawah ini aku kasih beberapa tempat ya!

a. Namsan Seoul Tower

Cara kesana, kamu bisa pergi ke Chungmuro Station dan keluar di EXIT 2. Kalo kamu lihat ada Daehan Cinema kamu bisa tunggu bus nomor 02 yang ada di depan Daehan Cinema. Bus nomor 02 merupakan shuttle bus ke N Seoul Tower.


b. Common Ground

Tempat ini lagi ngehits banget buat anak muda di Korea. Kalo kalian mau kesana, Kalian bisa berhenti di Konkuk University Station dan keluar di pintu EXIT 6, dari EXIT 6 jalan lurus aja sekitar 250m nanti kalian sudah bisa lihat sendiri deh ada container besar warna biru disebelah kiri.


c. Bukchon Hanok Village

Nah, buat kamu yang mau ke Bukchon Hanok Village, bisa berhenti di Anguk Station dan keluar di Exit 1 or 2.Dari exit tinggal lurus aja sekitar 300m. Buat yang nanya sewa hanbok dimana, di sepanjang jalan kalo kalian perhatikan kiri kanan ada rental hanbok kok! Harganya sekitar 15.000 won per 4 jam! Murah kan?


d. Haneul Park

Perjalanan ke Haneul Park menurutku lumayan jauh hihii tapi bagus banget buat foto-foto. Kalo kalian mau kesini bisa turun di World Cup Stadium Station dan keluar di Exit 1.


e. Line Friends Store

Aku biasanya ke Line Friends Store yang ada di Garosugil. Tapi kalo kalian mau ke Line Store yang paling besar bisa ke area Itaewon. Untuk ke Line Friends Store bisa ke Itaewon Station Exit 3. Kalo mau ke Line Friends Store di Garosugil dan jalan-jalan disana sekalian bisa berhenti di Sinsa Station exit 8! :)


f. Dongdaemun Design Plaza

Wajib kesini nih! Aku suka banget DDP, terlalu keren lol Buat kamu yang mau kesini bisa turun di Dongdaemun History & Culture Park Station dan ke Exit nomor 1 :)



g. Garosugil

Aku cintaaa bangettttt sama Garosugil hahaha! Aku selalu pengen hangout disini, banyak cafe bagus dan bisa shopping juga. Buat kamu yang mau ke Garosugil turun di Sinsa Station exit 8. 


h. Underground Shopping Express Bus Terminal

Buat kamu yang mau belanja baju-baju Korea lucu dan murah bisa ke Express Bus Terminal. Aku bisa ngabisin waktu seharian disini karena besar dan setiap toko bagus bagus semua hahaha! Harganya pun murah-murah mulai dari 10.000 won doang! Gokil! Kamu bisa liat vlog ku dibawah ini ya!


Sebenernya banyak banget tempat yang bisa kamu kunjungi seperti : Lotte World, Itaewon, Hongdae, Myeondong, Gangnam, Insadong dan masih banyak lagi! Segitu dulu deh tips dari aku, asli aku capek ngetiknya hahahaha. Nanti aku bisa tambah-tambahin lagi ya! Buat temen-temen yang mau nambahin bisa komen dibawah ini yah. MUAH!


SEE YOU ON MY NEXT POST!

LOVES,






SASYACHI


Next Post Previous Post