Review Rumah Makan Sego Sambel Kepo



Mungkin lucu ya pertama kali mendengar nama makanan ini. Sego Sambel Kepo sebeanrnya merupakan salah satu tempat makan di Surabaya. Kepo sendiri memiliki arti sangat ingin tahu terhadap sesuatu hal. Entah ada yang mendasari pemilik tempat makan ini untuk memberi nama Sego Sambel Kepo. Mungkin biar ada kesan unik sehingga menarik minat pengunjung salah satunya aku dan suami.

Awalnya kami tak sengaja mampir ke Sego Sambel Kepo. Sudah lama sebenarnya kami merencanakan ke sana cuma selalu saja ada hambatannya. Nah, pas kebetulan hujan deras perjalanan pulang dari kantor ke rumah, dan sepertinya bajuku sudah setengah basah akhirnya kami putuskan mampir ke Sego Sambel Kepo. Lumayanlah, pikirku sekalian mencicipi makanannya. Sego Sambel Kepo terletak di Jalan Raya Nginden Intan, lokasinya berdekatan dengan beberapa kampus swasta di Surabaya. Untuk harganya juga terjangkau menurutku karena porsinya yang lumayan banyak jadi sebanding.


Begitu selesai memarkir sepeda motor, kami pun dengan buru-buru masuk ke dalam karena hujan sudah semakin deras. Ternyata pemesanan langsung ke meja kasir karena harus membayar terlebih dahulu. Aku memesan sego sambel ayam crispy sedangkan suami memesan sego sambel daging krenyes. Menu daging krenyes di telingaku begitu unik cuma karena aku penggemar ayam akhirnya aku lebih memilih sego sambel ayam krenyes.

Untuk minum, kali ini aku memilih air mineral sedang suami memesan teh hangat. Sebenranya hujan-hujan begini lebih afdol memesan teh hangat ya, cuma engga tahu kenapa aku pilih air mineral saja. Suasana di tempat makan itu tidak ramai, mungkin karena hujan. Hanya ada enam orang termasuk aku dan suami yang berada disitu. Satu orang lagi aku curigai sebagai ownernya karena dia tidak makan sama sekali hanya ada segela minuman yang aku sendiri tidak yakin apa isinya. Sepertinya dia sedang menunggu sesuatu atau melihat keadaan usaha miliknya (kalau benar dia pemilik tempat makan itu)


Aku pun memperhatikan sekitar termasuk daftar menu besar yang dipajang di dinding serta diletakkan dalam posisi berdiri menggunakan tiang penyangga. Ternyata di Sego Sambel Kepo juga menyediakan nasi tumpeng lho. Aku baru menyadari ketika membuka menu makanannya. Wah, lumayan juga kalau tiba-tiba aku memerlukan tumpeng untuk suatu acara. Segera donk ya aku jepret untuk koleksi pribadi dan keperluan menulis di blog, hehehe.


Tanpa menunggu lama, akhirnya pesanan kami datang. Rupanya porsi nasi yang dihidangkan banyak juga. Sampai-sampai suamiku tidak habis nasinya. Kata dia sih karena baru jam dua siang makan sehingga kalau harus makan di jam lima sore dengan porsi yang lumayan banyak jelas perutnya tidak kuat menampung. Selebihnya dia cemilin saja sisa sapi krenyes yang belum dimakan dengan nasi. Kalau nasi pesenanku jangan tanya donk, pasti habis karena seharian aku belum makan, hihihi.

Sambelnya emang lumayan pedes menurutku. Aku saja makannya pelan-pelan karena ga kuat pedesnya. Ayamnya krispi banget. Suasana outdoor juga mendukung untuk makan yang pedas-pedas. 



Ohya, ternyata selain nasi sambelnya, di tempat ini juga menjual nasi goreng yang dinamakan Nasi Goreng Rempah Ngocol. Sebenarnya aku tidak asing dengan nama masakannya karena aku pernah makan nasi goreng itu di dekat kantorku di kawasan Ngagel. Nasi Goreng Rempah Ngocol ini awalnya buka di daerah Ngagel Jaya Tengah, di kawasan kampus iSTTS, Surabaya. Mungkin karena lumayan banyak peminatnya akhirnya buka cabang di daerah Nginden.

Makan nasi goreng ini harus siap mental dengan pedasnya yah. Karena memang pedas dan porsi jumbo juga nih. Ga rugi kalau yang makan mahasiswa, hehehe. Aku dulu pernah dua kali makan nasi goreng ini. Pertama dengan suami makan di tempat, kedua aku pesan online melalui aplikasi. Kalau di Ngagel tempatnya agak sempit, mungkin karenan memprioritaskan orderan online yang dibawa pulang. Tapi jika kalian berkunjung ke cabang Nginden, tempatnya sangat luas sehingga kalian bisa datang dalam jumlah rombongan.


Jadi untuk kalian penikmat kuliner pedas, aku rekomendasikan kedua makanan ini yaitu Sego Sambel Kepo dan Nasi Goreng Rempah Ngocol karena pedasnya memang lumayan bikin kita harus minum terus. Tapi kalau kalian tahan tidak minum, mantap jiwa ! 

Selamat mencoba.

Next Post Previous Post