Leader Bisnis Toko Online Fingo Tanpa Modal di Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah

7 Tutorial Gampang Membangun Usaha Online di Internet sampai Sukses buat Orang Newbie

http://growthhacks.ninja/wp-content/uploads/2019/06/Pilihan-Produk-Terlaris-untuk-Bisnis-Dropship-Anda-1140x600.png

Membangun bisnis online di internetdapat diasumsikan seperti halnya praktek mengayuh sepeda. Di awalnya mungkin Kamu akan kesusahan, atau mungkin hingga terjatuh. Namun sebaiknya Kamu jangan khawatir dan jangan takut untuk mencoba lagi sampai mahir. Karena, mencapai keberhasilan memang tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Kamu hanya perlu untuk mempelajarinya. Baca juga: Bisnis Toko Online Tanpa Modal     

Beruntungnya, Kamu hidup di era digital seperti saat ini karena semakin mudah untuk Kamu mulai belajar bisnis online di internet. Seperti belajar mengendarai sepeda, tentu Kamu memerlukan bantuan sebelumnya. Bantuan ini bisa berupa mentoring dari senior, ataupun panduan dari buku dan artikel di internet. Untuk menemukannya pun tidak lagi sulit berkat kecanggihan teknologi.

Saat ini, Kamu dapat mempelajari cara membangun bisnis online di internetdari berbagai sumber. Banyak artikel online yang membahas mengenai tips dan trik yang bisa dipraktekkan untuk dapat mengelola membangun bisnis online di internet yang menguntungkan. Bahkan mungkin trik yang ada di internet terlalu banyak sehingga membuat Kamu bingung. Hehehe..

Namun kini, Kamu tidak perlu bingung lagi karena berikut ini trik terkomplit untuk belajar bisnis online di internet bagi pemula yang disajikan sesederhana mungkin. 

 

1. Kenali mekanisme bisnisdagang secara online

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum menjalankan ke bisnis online di internet, maka Kamu sebaiknya belajar seluk beluk dari bisnis online di internet  terlebih dahulu. Hal pertama yang perlu Kamu pelajari adalah arti dari bisnis online di internet itu sendiri. Pada dasarnya bisnis online di internet dapat didefinisikan sebagai aktivitas penjualan, baik barang maupun jasa, yang dijalankan dengan memakai internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dari arti tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu perdagangan, barang atau jasa, dan internet. Saat ini, melakukan penjualan barang atau jasa melalui internet pun semakin gampang. Apabila dahulu para pedagang harus membuat sendiri situs websitenya masing-masing, maka kini hal itu menjadi opsional. Akan sangat baik apabila dilakukan, tapi tidak menjadi masalah jika tidak. Banyaknya platform yang kini bisa digunakan secara gratis untuk memasarkan produk, membuat siapa saja bisa menjadi pebisnis online di internet. Semua orang pun mempunyai kesempatan yang sama untuk melakukannya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memulainya dari SEKARANG. Baca juga: Peluang Bisnis Fingo Indonesia     

Dalam memulai bisnis online di internet, ada hal yang perlu Kamu pedomani yaitu bentuk toko online Kamu. Apakah Kamu akan mendirikan website khusus untuk menjual suatu produk, atau Kamu hanya menggunakan berbagai platform marketplace yang tersedia gratis, mengingat kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Kamu yang telah mempersiapkan modal yang cukup, mungkin Kamu bisa mendirikan website khusus. Namun apabila Kamu baru memulai dengan modal yang kecil, maka platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menjadi pilihan utama.

 

2. Persiapkan mental

Selain mempersiapkan aspek teknis, Kamu juga harus mempersiapkan aspek psikis, mengingat Kamulah yang menentukan kesuksesan atau kegagalan toko. Oleh karena itu, Kamu sebaiknya memiliki berbagai kualitas yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis online di internet hingga sukses.

Kualitas pertama adalah adanya semangat untuk belajar dan bertumbuh. Sebelum menjalankan bisnis, tentu saja membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu. Tidak ada satupun pebisnis sukses di dunia ini yang turun ke pasar tanpa mengetahui medan. Bagi Kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis online di internet, maka sudah jelas bahwa Kamu pun harus belajar bisnis online di internet terlebih dahulu. Baca juga: Bisnis Toko Online Tanpa Modal     

Kualitas kedua adalah tidak gampang putus asa. Menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis online di internet maupun bisnis offline, tentu memiliki hambatannya masing-masing. Bukan tidak mungkin bisnis yang Kamu bangun akan minim minat pembeli. Bukan tidak mungkin bisnis Kamu akan terganggu karena supplier produk Kamu tiba-tiba tutup. Tantangan lainnya yang muncul adalah competitor baru yang menawarkan produk yang lebih unggul. Ketiganya hanyalah sebagian contoh dari hal-hal yang mungkin terjadi saat menjalankan sebuah bisnis.

Kualitas ketiga yang harus Kamu punyai adalah berani mengambil risiko. Tidak ada satu pun pebisnis sukses yang lari dari risiko. Memang ada bidang bisnis yang sedikit risiko. Tetapi profit yang didapatkan pun juga sedikit. Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa risiko berbanding lurus dengan keuntungan.

3. Kenali kebutuhan pasar

Sebelum terjun ke dunia bisnis online di internet, Kamu juga perlu melakukan riset pasar. Lakukan riset mendalam bagaimana suatu pasar bekerja dan cari tahu kebutuhan pasar yang masih belum terpenuhi oleh pelaku pasar lainnya. Tidak perlu khawatir karena ada berbagai tips untuk dapat mengetahui kebutuhan pasar.

Cara pertama untuk mengetahui kebutuhan pasar adalah dengan bertanya langsung kepada pembeli. Cara ini memang sepertinya sederhana tapi percayalah bahwa ini merupakan tips yang paling gampang. Dengan bertanya langsung ke pembeli Kamu dapat mengetahui masalah apa yang bisa Kamu selesaikan dengan produk Kamu. Baca juga: Bisnis Toko Online Tanpa Modal     

Cara kedua adalah dalam mencari kebutuhan itu adalah dengan menjadi pelanggan dari toko lain. Dengan berbelanja di toko lain Kamu dapat mempelajari bagaimana pelayanannya dan bagaimana produknya. Apabila menurut Kamu ada hal yang masih ada yang bisa ditingkatkan, di sana lah Kamu harus berpikir lebih kreatif.

Saat ini, banyak pebisnis sukses yang bukan pencipta asli dari suatu produk, tetapi mampu menyajikan produk tersebut dengan lebih baik. Coba lihat saja Apple dan Samsung. Keduanya bukan lah pencipta smartphone, tapi keduanya mampu membuat smartphone yang jauh lebih baik dari produsen lainnya.

 

4. Tentukan jenis produk yang ingin dipasarkan

Setelah selesai menganalisa kebutuhan pasar, maka sudah saatnya Kamu memikirkan produk apa yang akan Kamu luncurkan ke pasaran. Setelah menemukan celah di dalam pasar, sebaiknya produk Kamu adalah yang mampu menutup celah tersebut. Apabila ada kekurangan yang selama ini tidak tercukupi oleh produk lain, maka produk Kamu harus mampu menutup kekurangan tersebut. Dengan demikian produk Kamu dapat lebih cepat dikenal, sekaligus menjadi kebutuhan bagi konsumen.

Produk yang Kamu jual juga harus disesuaikan dengan pasar apa yang ingin Kamu geluti. Jadi, produk yang Kamu tawarkan bisa berupa barang maupun jasa. Apapun produk yang ingin Kamu pasarkan, ingat bahwa produk Kamu harus berupa solusi yang mampu memudahkan hidup konsumen.

 

5. Bikin nama brand serta toko online yang gampang diingat

Setelah selesai menentukan produk apa yang ingin Kamu tawarkan ke pasaran, saatnya untuk membangun toko online. Mendirikan toko online adalah langkah yang penting dalam tahapan bisnis online di internet. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, Kamu bisa mendirikan website khusus untuk menjual produk Kamu, atau hanya memanfaatkan platform saja. Apabila Kamu ingin menjual produk melalui toko online khusus, maka ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Baca juga: Bisnis Toko Online Tanpa Modal     

Pertama, pertimbangkan dengan matang nama brand Kamu. Nama brand Kamu adalah identitas dari bisnis online di internet Kamu. Maka dari itu, sebaiknya Kamu pikirkan dengan matang soal nama yang akan Kamu pilih. Mengingat rebranding di tengah jalan tidaklah mudah dan murah.

Adapun dalam pemilihan nama, sebaiknya Kamu pilih nama yang unik tapi tidak terlalu sulit untuk ditulis dan diucapkan. Tidak perlu juga menggunakan kata-kata yang tidak umum. Sebab, apabila nama yang Kamu pilih terlalu sulit untuk disebut dan ditulis, bagaimana mungkin orang lain dapat mengingatnya. Apabila tidak ada yang bisa mengingatnya maka tidak akan ada pula yang mampu mencari website toko Kamu.

Kedua, bagaimana Kamu akan mendirikan website Kamu. Sejauh ini ada dua cara untuk mendirikan sebuah website, yaitu gratis dan berbayar. Website gratis artinya Kamu menggunakan website blogging semacam Wordpress, Blogspot, atau Tumblr. Website gratisan ini pada umumnya tidak bisa menampilkan hal-hal sebanyak dan seluwes website berbayar. Ada batasan-batasan tertentu yang hanya bisa hilang apabila Kamu membayar sejumlah uang kepada penyedia layanan toko online gratis tersebut.

Apabila Kamu hanya ingin mendirikan toko online yang berisi penjelasan dari produk, tanpa adanya fungsi toko, maka menggunakan penyedia layanan website gratis tidak akan jadi masalah. Di sisi lain, website berbayar artinya Kamu harus membeli domain dan hosting buat website Kamu terlebih dahulu. Sebelumnya ada baiknya untuk dijelaskan terlebih dahulu makna kedua istilah tersebut.

Domain adalah nama atau alamat dari toko online Kamu. Apabila diibaratkan dengan rumah, domain adalah alamat dari rumah Kamu. Misalnya seperti http://fingomall.com, http://joyrazeroasli.com, atau http://kerjamagang.com.

Jadi sebelum menetapkan suatu nama, periksa terlebih dahulu ketersediaan domain tersebut. Caranya pun mudah, Kamu hanya perlu menuliskan nama yang Kamu inginkan di mesin pencari saja. Apabila tidak ada hasil yang muncul, maka nama itu bisa Kamu gunakan.

Sementara hosting adalah tempat untuk menyimpan segala konten website Kamu. Umumnya hosting ini diukur dalam satuan megabyte, gigabyte, dan terabyte. Dalam memilih besaran hosting ini, sebaiknya Kamu sesuaikan dengan modal dan jenis produk Kamu. Sebab semakin tinggi besaran hosting yang Kamu pilih, maka semakin mahal pula biaya berlangganannya.

Setelah Kamu menentukan domain dan hosting yang Kamu gunakan, maka Kamu bisa membelinya dari penyedia layanan domain dan hosting. Kini caranya pun semakin praktis, bahkan bisa dilakukan secara online, tanpa perlu bertatap muka. Para penyedia layanan ini memiliki berbagai jenis produk yang bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Baca juga: Bisnis Toko Online Tanpa Modal     

Ketiga, perhatikan desain dari website Kamu. Selayaknya toko fisik, website yang Kamu dirikan pun harus memiliki tampilan yang menarik, namun tidak berlebihan. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak warna, cukup gunakan beberapa warna yang nyaman di mata. Font pun juga perlu diperhatikan. Tidak perlu yang bombastis, cukup gunakan font yang elegan dan mudah untuk dibaca. Perhatikan pula ukurannya, jangan terlalu kecil karena akan mengucilkan pembeli dari kalangan orang tua.

 

6. Bikin toko online di platform gratis

Selain mendirikan website, Kamu bisa memilih platform sebagai toko online Kamu. Saat ini pun tersedia berbagai platform yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online di internet. Kamu bisa menggunakan platform media social maupun marketplace. Keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing.

Apabila Kamu menggunakan platform media social sebagai toko online Kamu, maka jumlah followers atau teman akan sangat berpengaruh. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar banyak pula yang mengetahui produk Kamu. Untuk itu, Kamu harus menciptakan citra yang baik di akun media sosial Kamu.

Caranya dengan menyisipkan konten menarik, mengunggah testimoni dari para pelanggan yang puas, dan memperhatikan estetika dari gambar dan video yang Kamu unggah. Kamu juga bisa kolaborasi dengan akun lainnya untuk menjalankan campaign yang saling menguntungkan.

Kamu bisa menggunakan fitur bisnis dari kedua platform tersebut. Dengan demikian, foto atau video produk yang Kamu unggah akan lebih mudah dilihat oleh orang banyak karena tidak terpendam oleh foto dan video lainnya. Namun tentu saja fitur ini memiliki harga.

Jika ada calon pembeli, mungkin ia akan menanyakan soal ketersediaan dan kondisi barang. Tapi untuk transaksi, semua dikendalikan oleh sistem. Kamu hanya perlu menunggu notifikasi dari sistem bahwa pembayaran telah diterima. Setelah itu, baru Kamu mengirimkan produk kepada pembeli. Sangat mudah, bukan?

 

7. Atur strategi pemasaran

Dalam belajar bisnis online di internet, tentu saja juga harus belajar dasar-dasar ilmu pemasaran. Percuma apabila Kamu punya produk yang baik namun tidak bisa dipasarkan dengan luas. Kesuksesan yang seharusnya bisa lebih cepat diraih pun akan menjadi lebih lama. Beruntung bagi Kamu yang sudah memiliki gelar pendidikan di bidang pemasaran. Namun bagi Kamu yang tidak memiliki latar belakan di bidang pemasaran tidak perlu berkecil hati karena selalu ada jalan untuk belajar.

Saat ini pun Kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai tips memasarkan bisnis Kamu secara online yang bisa diterapkan. Namun hal ini bergantung pada platform apa bisnis online di internet Kamu bergerak. Apabila bisnis online di internet Kamu berdiri di website khusus, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Penulisan artikel yang baik tentu saja harus memuat poin-poin keunggulan dari produk Kamu sehingga mampu menarik minat dari calon pembeli. Faktor ketiga, pemasaran melalui media sosial. Meskipun Kamu menggunakan website sebagai toko utama, namun Kamu tetap wajib memiliki halaman media sosial. Gunanya adalah sebagai sarana promosi. Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi wajar apabila promosi gencar dilakukan di sosial media. Untuk melakukan promosi sosial media, tidak cukup hanya dengan mengunggah konten promosi di akun Kamu. Kamu juga bisa mengajak orang lain untuk berpartisipasi meningkatkan awareness pada brand Kamu.

Dari tujuh tutorial di atas dapat disimpulkan bahwa belajar bisnis online di internet tidaklah terlampau sulit, sepanjang diiringi keinginan yang kuat. Keterbukaan informasi seperti saat ini membuat siapapun bisa belajar mengenai apapun, termasuk bisnis online di internet.

Lalu, apa yang sudah Kamu kerjakan?

 

========================================================================

Mau Punya Bisnis Toko Online Dropship Canggih Bertaraf Internasional Binaan Alibaba.com??

Next Post Previous Post